Home Tips Mengenal Industri Kreatif

Mengenal Industri Kreatif

by Beverley Kennedy
Mengenal Industri Kreatif

Menurut Kementrian Perdagangan Indonesia,  industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat indvidu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan cipta individu tersebut. Industri ini memang tengah disupport dan berdayakan oleh pemerintah. Secara umum kita mengenal industri kreatif sebagai industri yang mengedepankan inovasi  atau kreatifitas.

Mengenal  Industri Kreatif

Bila bicara tentang industri kreatif kita tidak bisa menutup mata pada peran generasi muda atau anak muda atau pengusaha muda sebagai lokomotif dari industri ini. Meskipun memang tidak berarti industri ini hanya milik anak muda. Faktanya memang, banyak kalangan yang terdorong untuk menyesuaikan diri, ikut berkecimpung dalam industri yang mengandalkan kreativitas ini. Dengan dasar untuk mengikuti perkembangan jaman menjadi alasannya. Tentu saja mereka yang lebih dulu berkecimpung di dunia industri atau pelaku usaha lama, diuntungkan dengan pengalamannnya. Tinggal mulai memikirkan sisi inovasi atau kreatifitas.

Baca Juga:Tertarik Geluti Industri Kreatif, Ketahui Dulu Nilai Lebih dan Kurangnya

Pada sisi lain, anak muda mempunyai kelebihan dari sisi pengetahuan teknologi. Secara psikologis anak muda atau generasi muda lebih agresive baik dalam berfikir, berinovasi, berkreasi dan dalam bertindak. Industri kreatif memang memerlukan keberanian untuk menampilkan hal yang berbeda dari yang sudah ada. Meskipun tidak benar – benar hal yang baru tapi minimal pengembangan dari yang sudah ada.

Industri kreatif memang tidak bisa asal berupa hal yang baru. Ada hal – hal lain harus menjadi bahan pertimbangan industri ini bisa bertahan. Ini bisa jadi juga merupakan syarat industri jenis ini agar bisa sukses.

  1. Inovasi

Ini merupakan syarat utama dari industri ini. Industri ini harus menampilkan hal yang baru atau inovatif. Baru atau inovatif disini tidak berarti harus 100% berlum pernah ada. Pengembangan dari yang sudah ada juga bisa menjadi senjata yang untuk bersaing. Ini tentu saja tidak boleh sembarangan. Proses kreatifitas dibutuhkan disini. Intinya jangan takut mencoba atau bereksplorasi. Pelajari yang sudah ada, tingkatkan  menjadi lebih baik.

  1. Dibutuhkan

Meskipun berdasarkan atau berbasis kreatifitas yang berujung inovasi, ada hal yang lain yang harus dipenuhi. Hasil dari industri ini harus yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dibutuhkan disini berarti kita bicara diinginkan karena kebutuhan dan disukai. Ini sangat penting karena ujung dari industri ini sama saja dengan bidang usaha lainnya yaitu perbaikan ekonomi. Sederhananya, hasil industri ini harus diterima pasar atau laku. Tanpa itu tidak akan bertahan lama.

  1. Berdaya saing

Bicara daya saing berarti mempunyai kualitas yang baik sehingga mampu bersaing dengan produk lain. Terutama produk dari luar negeri yang sekarang ikut meramaikan pasar tanah air. Tanpa daya saing, kembali lagi tidak bertahan lama.

See also  Memicu Adrenalin, Ini Dia Tips-tips Bagi Paralayang Pemula

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More