Home Aneka Hobi Mengenal Berbagai Jenis Alat Musik

Mengenal Berbagai Jenis Alat Musik

by Beverley Kennedy

Terdapat beragam jenis alat musik yang dikenal masyarakat. Baik jenis lokal (tradisional dan modern) maupun mancanegara. Musik yang berkembang di masyarakat sendiri biasanya berbeda-beda sesuai daerah dan kebudayaan setempat. Selain itu, dapat juga dibedakan berdasarkan cara memainkanya, fungsi, dan bunyi yang dihasilkan. Berikut ini ulasan tentang jenis-jenis alat yang harus Anda kenali.

5 Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya

Dipukul

Cara memainkan alat ini adalah dengan dipukul dengan tangan ataupun benda lain berupa stik. Seperti misalnya saat memainkan gendang, triangle, gong, drom set, ketipung, pauken, rebana, dan tamborin. Umumnya alat yang dipukul tidak memiliki nada, namun, juga ada alat pukul yang memiliki nada tertentu misalnya bellira, vibraphone, gamelan, kulintang, dan arumba.

Dipetik

Contoh alat music yang dimainkan dengan cara dipetik adalah Ukulele, Mandolin, Banjo, Clarinet, Kecapi, Gitar, dan Harinet. Alat-alat ini memiliki tangga nada tertentu dan cukup sulit untuk dimainkan. Meskipun begitu, masih banyak orang yang berminat dan menyukainya.

Ditiup

Sesuai dengan namanya, cara memainkan alat ini adalah dengan ditiup. Ada teknik-teknik tertentu seperti ditiup dengan tipis, sedang ataupun dengan sekuat tenaga. Dalam alat ini terdapat lubang-lubang tuts yang menentukan jenis nada yang keluar.

Disentuh/ditekan

Suara yang dihasilkan alat musik ini adalah dari tekanan pada nada-nada tertentu. Hal yang sering kita temui adalah berupa piano, keyboard, dan organ.

Digesek

Kebanyakan dari alat yang digesek digunakan pada pertunjukan konser orchestra atau opera (broadway). Contoh yang sering kita temui adalah biola, cello, rebab, dan biola.

Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsi

Harmonis: alat musik ini biasanya digunakan untuk menciptakan nada atau akor harmonis, seperti gitar, organ, dan piano.

  1. Ritmis: suara yang dihasilkan alat ini biasanya teratur dan ritmis, sehingga digunakan untuk menghasilkan suara konstan, seperti konga, bass, drum, bongo, dan kendang.
  2. Melodis: fungsi menghasilkan melodi seperti seruling, pianika, harmonica, terompet, rekorder, dan saksofon adalah sangat wajib untuk membuat suasana lebih kreatif.

Berdasarkan Sumber Bunyi yang Dihasilkan

  1. Idiophone: sumber bunyinya berasal dari batangan logam atau kayu yang jika dipukul akan menimbulkan sumber suara seperti pada bellira, calung, perangkat gamelan, dan kulintang.
  2. Elektrophone: bunyinya berasal dari rangkaian elektronika yang sudah ada di dalam alat seperti keyboard, gitar elektrik, dan bass elektrik
  3. Chordophone: sumber bunyinya adalah dari dawai yang dipetik, maupun digesek, seperti ukulele, kecapi bass, biola, viola, double bass, harpa, dan rebab.
  4. Aerophone: sumber bunyi berasal dari udara yang bergetar yang terjadi karena tiupan atau pompaan seperti seruling, flute, tuba, clarinet, dan rekorder.
  5. Membranophone: sumber bunyi berasal membran kulit maupun plastik, seperti rebana, tamborin, bongon, konga, dan bedug.
READ  Merawat Boneka

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More