Home Tips Mengenal Berbagai Istilah Dunia Otomotif yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Mengenal Berbagai Istilah Dunia Otomotif yang Mungkin Belum Anda Ketahui

by Beverley Kennedy
Mengenal Berbagai Istilah Dunia Otomotif yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Dunia otomotif merupakan sebuah bidang yang tentunya berkaitan dengan berbagai jenis kendaraan bermotor. Dalam dunia ini, Anda tidak hanya dapat menemukan berbagai hal terkait dengan mesin kendaraan yang Anda miliki. Namun berbagai istilah lain pun dapat Anda temukan dalam dunia kendaraan bermotor ini. Bagi Anda yang memang gemar mengotak-atik berbagai jenis kendaraan yang dimiliki, berikut ini beberapa istilah dalam bidang otomotif, yang sebaiknya dipahami, agar nantinya Anda mudah dalam menggeluti bidang yang satu ini:

Mengenal Berbagai Istilah Dunia Otomotif yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Baca juga Tips Modifikasi Dengan Budget Super Murah

  • Turbo timer, kata ini merupakan sebuah istilah yang banyak digunakan sebagai nama dari alat pengaman pada kendaraan bermesin diesel. Alat ini sendiri, akan dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya dieseling. Alat ini memiliki sistem kerja dengan pengesetan waktu otomatis, dimana mesin dapat mematikan fungsinya sendiri, apabila memang waktu yang di setting telah habis. Turbo timer ini akan sangat membantu para pengguna kendaraan bermotor yang memang seringkali terlihat teledor ketika menggunakan kendaraan yang mereka tumpangi.
  • Radiator, dalam dunia otomotif bagian mesin ini merupakan salah satu jenis komponen yang terdapat dalam sistem pendinginan pada sebuah mesin. Alat yang satu ini secara umum memiliki fungsi sebagai tangki penampung cairan yang memang akan digunakan ketika mesin pada kendaraan Anda memiliki suhu yang tinggi. Alat pendingin yang satu ini juga memiliki beberapa tabung yang memungkinkan cairan didalam tangki untuk dapat menyalurkan uap panas melalui udara yang ada disekitar tabung tersebut. Radiator sendiri merupakan komponen wajib yang harus diperiksa oleh para pemilik kendaraan, sebelum mereka memutuskan untuk melakukan perjalanan dalam jarak yang jauh.
  • Karburator, komponen yang satu ini merupakan salah satu komponen terpenting dalam sistem pembakaran mesin. Secara umum karburator biasanya akan banyak digunakan pada jenis kendaraan yang memang belum menggunakan sistem mesin injeksi didalamnya. Karburator pada mesin memiliki fungsi yang sangat penting dikarenakan beberapa hal, yang antara lain adalah:
  • Mengolah dan mengatur campuran bahan bakar dan udara, agar nantinya komposisi bahan bakar serta udara akan tepat untuk digunakan dalam sistem pembakaran mesin.
  • Mengatur penggunaan bahan bakar pada ruang pembakaran dengan pengaturan komposisi bahan bakar dengan udara, sehingga bahan bakar akan lebih irit ketika digunakan.
  • Transmisi merupakan sebuah bagian pada kendaraan bermotor yang memiliki fungsi sebagai pengatur kecepatan sesuai dengan mesin yang digunakan. Bagian ini juga memiliki fungsi lainnya diantaranya adalah mengatur agar kendaraan tidak melaju, meskipun mesin dalam kendaraan masih dalam kondisi menyala. Mengatur agar kendaraan tidak hanya dapat melaju kea rah depan, namun juga dapat berjalan mundur. Istilah dalam dunia otomotif tersebut diatas, merupakan istilah yang banyak kita temukan dalam sebuah mesin kendaraan terutama kendaraan dengan roda empat.
See also  Wow, 7 Manfaat Paralayang Baik Secara Fisik dan Mental

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More