Home Tips Mengenal Beberapa Alat Musik Tradisional dan Manfaatnya

Mengenal Beberapa Alat Musik Tradisional dan Manfaatnya

by Beverley Kennedy
Mengenal Beberapa Alat Musik Tradisional dan Manfaatnya

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman budaya, suku dan agama. Salah satunya adalah alat musik yang berbeda dari setiap suku di daerah Indonesia. Setiap daerah memiliki budayanya sendiri yang ditunjang dengan alat untuk musik pengiring dalam berbagai kegiatan adat. Sebagai generasi saat ini maka perlu mengetahui beberapa alat tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

 Mengenal Beberapa Alat Musik Tradisional dan Manfaatnya

Berikut adalah alat tradisional untuk musik di Indonesia diantaranya:

  • Saruna Kale, dari Nanggroe Aceh Darussalam yang mempunyai jenis bunyi Aerofon dan bunyinya berasal dari hembusan angin.
  • Aramba, dari Pulau Nias dengan bunyi yang berasal dari bahannya dengan memukulnya dengan pemukul seperti stik.
  • Gambus, dari Riaua dengan jenis bunyi kordofun dengan bunyi dari dawai atau senar yang dimainkan sambil diiringi gendang.
  • Serangko, dari Jambi terbuat dari tanduk kerbau yang digunakan untuk pemberitahuan jika ada musibah di masyarakat di Jambi.
  • Accordion, dari Sumatera Selatan dengan cara ditiup dan memakai kedua tangan untuk mengatur alunan nada.

Ada juga alat musik tradisional dari Bengkulu yaitu Doll dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul. Bende merupakan alat dari Lampung dengan cara dipukul menggunakan alat pukul yang khusus. Tehyan dari Jakarta dengan cara di gesek di bagian dawai atau senarnya. Angklung berasal dari Jawa Barat dengan cara memainkan angkul yaitu menggunakan tangan kita dan Gamela yang berasal dari Jawa Tengah dengan cara dipukul.

Berikut adalah manfaat bermain musik diantaranya: 

  • Mempertajam pikiran, sebuah studi di University of Kansas Medical Center menyimpulkan bahwa musisi tampil lebih baik pada tes kognitif dibandingkan dengan yang bukan musisi. Memainkan musik akan menjadi bentuk olahraga otak dan memicu beberapa bagian otak bereaksi.
  • Meningkatkan koordinasi, mengharuskan pemain untuk memiliki koordinasi antara tangan dan mata yang tajam.
  • Mengatur suasana hati, kegiatan bermain musik sebagai pelampiasan emosi dan menciptakan musik yang memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan kesedihan, sukacita maupun ketegangan sebagai karya seni.
  • Meningkatkan konsentrasi, hal ini dikarenakan musisi harus mendengarkan beat, ritem, tekstur, timbre, dan sebagainya dan meningkatkan keterampilan konsentrasi dengan membuat fokus pada harmoni kelompok secara keseluruhan.
  • Mengurangi nyeri, hal ini karena mendengar musik sebagai penyembuh rasa sakit dan efektif juga menyembuh sakit pada setiap orang.

Selain itu manfaat bermain alat musik akan membuat olahraga lebih mudah karena bermain gitar merupakan olahraga yang dapat dilakukan. Hal ini dikarenakan ketika bermain gitar dan duduk akan menyesuaikan suara atau pitch dengan duduk memegang gitar dan tubuh akan menyeimbangkan badan dengan baik. Meningkatkan sistem pernapasan, terutama saat bermain alat tiup seperti seruling, klarinet dan lainnya. Instrumen ini bergantung pada getaran udara yang dibuat oleh musisi dengan pernapasan efektif dan efisien.

See also  Berlatih Sepatu Roda dengan Mudah dan Lancar

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More