Home Aneka Hobi Mengenal 4 Macam Mainan Tradisional yang Unik dari Negeri Jepang

Mengenal 4 Macam Mainan Tradisional yang Unik dari Negeri Jepang

by Beverley Kennedy

Jika mendengar mainan dari negara Jepang, tentu kita akan langsung teringat pada beberapa jenis permainan seperti Nintendo, Tamagochi, PlayStation hingga aneka robot canggih yang dapat membantu pekerjaan manusia. Namun ternyata jauh sebelum teknologi komputerisasi diterapkan pada permainan di Jepang, orang-orang Jepang sudah lebih dulu mengenal aneka jenis mainan tradisional tak berbeda jauh dengan negara lain seperti Indonesia. Bahkan beberapa jenis permainan di Jepang masih sering dimainkan hingga saat ini. Apa saja permainan tradisional dari negeri Sakura tersebut? Ini dia:

  • Hanetsuki.

Hanetsuki ini hampir mirip seperti permainan badminton, hanya saja tidak menggunakan net dan raket yang digunakan pun unik, yakni seperti papan dari kayu berbentuk persegi panjang dan bertangkai pendek. Raketnya ini disebut dengan hagoita. Ada 2 cara permainan Hanetsuki, pertama saling memukul dan menerima shuttlecock layaknya permainan badminton dan yang kedua adalah dengan bersaing memukul shuttlecock setinggi-tingginya selama mungkin. Pemain yang gagal dalam memukul atau menerima kok akan mendapat hukuman berupa coretan di wajah.

  • Takeuma (egrang).

Ternyata bukan cuma Indonesia saja yang mengenal permainan egrang yakni semacam tongkat bambu yang diberi pijakan untuk digunakan berjalan. Tidak diketahui pasti negara manakah yang pertama kali mengenal permainan ini, yang jelas di negara Jepang, permainan egrang ini disebut dengan Takeuma. Cara permainannya pun sama seperti di Indonesia atau negara lain. Hanya saja orang-orang Jepang biasanya memakai kimono atau baju tradisional lainnya pada saat melakukan permainan ini. Mainan tradisional ini membutuhkan keseimbangan badan dan kekuatan kaki yang baik.

Baca Juga:Mainan Tradisional Indonesia yang Pernah Populer di Masanya

  • Kendama.

Kendama merupakan mainan dari Jepang yang paling sering kita lihat di berbagai film anime Jepang. Permainan ini menggunakan sebuah bola dengan sebuah lubang yang umumnya berwarna merah yang diikatkan pada semacam gagang yang bentuknya hampir mirip seperti palu, dengan kedua sisi cekung dan bagian atas tengah gagangnya runcing seperti tanduk Unicorn. Cara bermain Kendama adalah dengan memukulkan bola yang terikat menggunakan sisi yang cekung serta bagian bawah gagang kemudian bola ditusukkan pada bagian runcing yang ada di gagang tadi. Meski terlihat sepele namun permainan ini ternyata cukup susah.

  • Daruma Otoshi.

Permainan Daruma Otoshi ini menggunakan sebuah boneka Daruma yang terdiri dari 5 bagian yang warnanya seperti pelangi (biru, merah, kuning dan hijau) serta bagian paling atas berbentuk kepala boneka yang bergambar wajah yang berwarna serupa kayu. Cara memainkan mainan tradisional Jepang ini adalah dengan memukul salah satu bagian boneka Daruma dengan menggunakan palu, namun bagian lainnya pada boneka tersebut tidak boleh sampai jatuh atau berhamburan.

 

READ  Tips Keren untuk Para Pemilik Hobi Masak

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More