Home Aneka Hobi Memperkenalkan Musik Pada Anak Melalui Alat Musik

Memperkenalkan Musik Pada Anak Melalui Alat Musik

by Beverley Kennedy

Dunia ini seolah akan terasa hampa jika tanpa adanya musik. Musik bahkan bisa menjadi bahasa yang universal yang bisa mempersatukan. Musik juga telah menjadi bagian dari kehidupan dimana mampu dinikmati oleh semua kalangan tanpa memandang golongan. Selain itu, musik juga telah diteliti mampu menumbuhkan dan meningkatkan kecerdasan anak. Untuk itu ada baiknya jika para orang tua mulai mengenalkan anak dengan musik melalui alat musik sejak dini.

Begitu banyak penelitian yang telah dilakukan terhadap musik dan ternyata menunjukkan hasil yang positif dimana musik mampu memberikan pengaruh baik untuk otak dan kesehatan. Musik juga bukan hanya media untuk hiburan, namun juga berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun tentunya ada cara tersendiri dalam mengenalkan musik kepada anak. Berikut ini beberapa tipsnya:

  • Mendengarkan lagu

Cara termudah untuk membuat anak mengenal musik adalah dengan mengenalkannya pada lagu. Putarlah lagu anak-anak maupun musik yang klasik sehingga anak bisa mulai mengenal musik. Anak juga akan mencoba untuk melafalkan kata-kata yang ada di lirik lagu tersebut sehingga Ia akan belajar kosakata.

  • Nyanyian

Nyanyikanlah lagu anak-anak sehingga Ia tertarik. Dengan bernyanyi, maka anak akan semakin semangat untuk mendalami musik.

  • Kenalkan berbagai jenis alat musik

Anak akan semakin senang dengan musik jika Anda bisa mengenalkan berbagai instrumen musik untuknya. Mereka akan mampu mengenal ketukan nada dan membedakan bunyi antar instrumen satu dengan instrumen lainnya. Jika anggaran Anda untuk membeli instrumen musik ini terbatas, maka kenalkan anak melalui buku-buku yang bergambar peralatan bermusik. Namun sebisa mungkin beri juga instrumen musik asli misalnya seruling, piano mini dan lain sebagainya sehingga anak bisa mengenal lebih dalam.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Alat Musik Tradisional dari Beberapa Negara di Benua Asia

  • Menonton pertunjukan musik

Praktik langsung dengan menonton pertunjukan musik akan membuat anak semakin menyukai musik. Ajaklah Ia untuk menonton operate anak, orchestra serta jenis pertunjukan lainnya yang akan disukai oleh si kecil. Dengan melihat anak-anak bermain musik secara langsung di depan matanya, maka anak Anda pun secara langsung akan mendapatkan motivasi untuk bisa bermain musik seperti mereka.

  • Kelas musik

Untuk Anda yang telah berhasil membuat anak menyukai musik, maka kini saatnya untuk memasukkan anak dalam kelas musik yang sudah banyak tersedia. Dengan memasukkannya ke kelas musik, maka pengajarannya bisa lebih terarah.

Itulah beberapa tips untuk mengenalkan anak dengan musik. Miliki paling tidak satu atau dua alat musik yang memang digemarinya sehingga Ia bisa belajar di rumah. Dalam kelas musik, ada baiknya jika anak difokuskan ke satu instrumen terlebih dulu sebelum belajar instrumen lainnya sehingga bisa lebih terarah dalam pembelajarannya.

 

READ  Bukan Hanya Harga Skateboard Murah, Perhatikan Pula Kualitasnya

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More