Home Aneka Hobi Memilih Mainan Bayi dan Anak Yang Berkualitas Untuk Usia 1 Tahun

Memilih Mainan Bayi dan Anak Yang Berkualitas Untuk Usia 1 Tahun

by Beverley Kennedy

Sebagai orang tua, kita harus berhati-hati dalam memilih mainan bayi dan anak. Mengenali zat kimia, seperti timbal (Pb), merkuri (Hg), cadmium (Cd), dan chorium (Cr), yang terkandung dalam mainan anak memang tidak mudah. Namun, kita bisa mengatasinya dengan membeli mainan dari sumber terpercaya dan mengikuti rekomendasi dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Selain harus aman dari zat berbahaya, mainan bayi dan anak yang kita pilih pun harus sesuai umur anak dan berkualitas. Jangan sampai asal membeli mainan karena bisa berisiko anak tersedak mainan, terluka, alergi kulit, hingga risiko penyakit jangka panjang akibat zat kimia berbahaya. Tentu kita tidak mau hal tersebut menimpa anak-anak kita.

Kemampuan bayi 1 tahun ke bawah didominasi oleh kemampuan sensor motorik pada anak. Karena itu, akan lebih efektif jika kita memberi mainan bayi yang memiliki wujud yang lebih mencolok pada warna dan tekstur serta yang dapat membantunya berimajinasi dan mengembangkan motoriknya.

Berikut ini beberapa tips untuk memilih mainan bayi dan anak yang berkualitas untuk usia 1 tahun ke bawah:

  • Memiliki warna yang cerah

Selain membantu perkembangan visual, mainan yang memiliki warna cerah dan kontras akan menarik perhatian si kecil, dan memicu rasa ingin tahu dan rasa ingin meraih mainan tersebut, sehingga dapat merangsang bayi agar lebih aktif dan otomatis melatih motoriknya.

  • Tidak memiliki ujung, sudut, dan siku yang lancip

Mengingat bayi selalu aktif bergerak, bermain, tertawa, dan menggigit semua mainan atau benda yang ditemuinya, mainan yang bersudut tumpul dapat menghindarkannya dari melukai dirinya sendiri atau bayi lain yang sedang bermain dengannya. Jadi, pastikan Anda meraba dan memeriksa terlebih dahulu mainan yang akan Anda beli apakah berujung lancip atau tidak.

  • Memiliki tekstur yang tidak rata
READ  Ini Dia Manfaat yang Bisa Didapatkan dengan Anda Mempunyai Kebiasaan Membaca

Mainan dengan berbagai tekstur akan bermanfaat untuk merangsang indera peraba bayi. Karena itu, carilah mainan yang memiliki tekstur yang berbeda-beda, seperti berbahan lembut, kasar, bulat kecil, bulat besar, permukaan halus, permukaan kasar dan lainnya. Biarkan bayi belajar merasakannya dan pastikan mainan tersebut aman dan bersih bila mainan tersebut digigit bayi.

  • Mainan yang berbunyi

Selain dapat melatih kemampuan motorik, mainan yang berbunyi juga dapat melatih kecerdasan bayi. Berbagai cara membunyikan mainan juga dapat mengasah kemampuan auditif bayi. Bayi akan mencari asal bunyi yang didengarnya, yang akan membantu bayi merangkak dan membantu bayi berjalan untuk memfokuskan perhatiannya. Namun, hindari mainan yang mengeluarkan suara yang terlalu bising atau terlalu keras demi kesehatan pendengaran dan psikologi anak.

  • Mainan dengan bentuk yang sesuai

Tidak boleh sembarangan dalam memilih bentuk mainan anak dibawah 1 tahun. Bentuk mainan yang tidak aman bisa membuat anak tersedak hingga kematian. Pilihlah mainan yang cukup besar, setidaknya sampai anak berusia lebih dari 3 tahun.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More