Home Peluang Bisnis Manfaat Pijat Bayi

Manfaat Pijat Bayi

by Beverley Kennedy

Pijat bayi merupakan warisan nenek moyang kita dalam perawatan bayi yang sudah dipraktikkan sejak lama secara turun-temurun. Pijat tidak hanya diperlukan oleh orang dewasa saja karena bayi pun memerlukannya, terutama saat dia rewel yang menandakan ketidaknyamanan pada tubuhnya. Sudah umum di masyarakat tradisional kita membawa bayi ke dukun pijat bila bayi terjatuh dari tempat tidur, sering rewel, gelisah saat tidur, tidak mau makan, atau batuk dan pilek.

Pijat bayi sangat dianjurkan oleh orang tua kita sejak dulu karena dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan bayi. Selain itu, sentuhan pada tubuhnya yang menjadi ungkapan cinta kita akan mempererat ikatan batin antara orang tua dan anak. Karena itu, para ahli sangat menganjurkan agar pemijatan dilakukan oleh ayah atau ibu si bayi itu sendiri, bukan oleh orang lain seperti dukun pijat. Namun, untuk kasus-kasus berat, seperti kesleo, yang tidak mampu ditangani sendiri, kita bisa menyerahkan penanganannya kepada dukun pijat yang lebih berpengalaman.

Seperti halnya sentuhan atau buaian, pijatan merupakan metode terapi yang sangat ampuh. Memijat bayi kita sedini mungkin memiliki begitu banyak keuntungan, baik secara fisik maupun psikis. Berikut ini beberapa manfaat dan keuntungan pijat bayi.

Mengurangi stres

Dengan memijat bayi, kita akan membantu otaknya memproduksi hormon oksitosin dapat menurunkan kadar stres. Ini artinya bayi akan lebih tenang, durasi tangisannya akan berkurang, dan akan lebih cepat tidur.

Memperkuat sistem pencernaan

Berdasarkan pernyataan Association of Infant Massage bahwa pijat bayi membuat pencernaan bayi, sirkulasi darah, serta kekuatan otot menjadi lebih baik. Dengan sistem pencernaan yang kuat, ketidaknyamanan yang dialami bayi, seperti masuk angin dan sembelit, akan berkurang.

Membantu pertumbuhan bayi

See also  ASUPAN UNTUK PERKEMBANGAN BAYI SEHAT

Sentuhan saat memijat si kecil akan mengirimkan sinyal kepada kelenjar pituitary yang kemudian akan melepaskan hormon HGH, yakni hormon pertumbuhan manusia. Hormon ini akan membantu proses tumbuh kembang bayi.

Meningkatkan bobot tubuh bayi prematur

Bayi yang dilahirkan prematur, bila mendapatkan sentuhan atau pijatan lembut sekitar 15 menit, 3 kali sehari, selama 10 hari berturut-turut, akan meningkat bobot tubuhnya hingga 50 persen lebih besar daripada yang tidak dipijat. Bayi-bayi yang dipijat juga terlihat lebih responsif.

Merangsang sistem imun pada bayi

Menurut Lorraine Tolley dari The Guild of Infant and Child Massage, pijat bayi akan sangat menenangkan bagi bayi. Ketidaknyamanan seperti sakit perut dan pilek dapat segera hilang. Nyeri pada gusi dan rahang selama proses pertumbuhan gigi juga akan berkurang.

Meningkatkan ketenangan bayi

Studi di Touch Research Institute, University of Miami School of Medicine, AS, mengungkapkan bahwa terapi sentuhan akan menurunkan kadar hormon stres kortisol, dan sebaliknya meningkatkan kadar serotonin dan dopamin yang berperan dalam menciptakan rasa nyaman. Pijatan juga diketahui dapat memperbaiki kualitas tidur bayi dengan cara menenangkan sistem saraf.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More