Home Aneka Hobi Manfaat Membuat Kerajinan Tangan Untuk Anak-Anak

Manfaat Membuat Kerajinan Tangan Untuk Anak-Anak

by Beverley Kennedy

Kerajinan tangan secara sederhana bisa diartikan membuat sesuatu yang dibuat secara manual (dengan tangan). Membuat kerajinan tangan bagi anak-anak tidak hanya sekedar mengisi waktu kosong saja, namun lebih dari itu membuat kerajinan tangan bisa mengasah kreativitasnya menjadi lebih baik. Kreativitas sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya, bahkan berguna kelak untuk modal kehidupannya suatu hari nanti.

Ada banyak jenis kerajinan yang cocok untuk anak-anak, misalnya membuat kerajinan dari barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi, seperti: kardus-kardus makanan, kosmetik, botol minuman, kain perca, koran majalah bekas dsb.

Selain mengajarkan anak agar lebih kreatif, membuat kerajinan tangan dengan menggunakan bahan bahan bekas bisa mengajarkan anak bagaimana menjaga lingkungan dengan memanfaatkan barang yang sudah tidak digunakan lagi.

Membuat Kerajinan dari Kardus Bekas

Barang bekas yang biasanya terdapat dirumah adalah kardus bekas. Baik itu kardus bekas makanan, kosmetik, kardus bekas barang dsb. Kardus yang sudah tidak terpakai biasanya akan dibuang atau dijual ke tukang rongsokan.

Baca Juga:Mengubah Uang Kuno Menjadi Hiasan Cantik

Sekarang Anda bisa menyimpannya karena kardus bisa dijadikan bahan kerajinan yang cocok dan aman digunakan untuk kreasi anak. Kerajinan seperti apa yang bisa dibuat dari kardus bekas? Ada banyak kerajinan yang bisa diolah dari kardus bekas, misalnya: membuat mobil-mobilan, membuat robot-robotan, rumah-rumahan dsb.

Membuat Kerajinan dari Botol-Botol Bekas

Seperti halnya kardus bekas, nasib botol bekaspun tidak ada bedanya jika sudah tidak terpakai dibuang atau dijual ke tukang rongsokan. Botol bekas bisa diolah menjadi berbagai jenis kerajinan, seperti: dompet dari potongan botol, boneka, tempat lampu hias, vas bunga, tempat pingsil dsb.

Cara mengolah botol bekas menjadi kerajinan tidak sulit dan cocok untuk anak-anak, ambil contoh membuat vas atau pot bunga. Caranya potong bagian tengah botol, lalu masukkan tanah. Setelah selesai tanam tanaman yang akan ditanam di botol tersebut. Agar lebih indah, Anda dan anak bisa menggambar atau menghias botol menggunakan cat dengan gambar binatang, motif dsb. Kegiatan membuat vas lebih menyenangkan jika anak dilibatkan juga dalam proses menanam.

Membuat Kerajinan Dengan Stik Es Kriem

See also  Negara Produsen Aneka Liquid Vaping Berbagai Rasa

Anak-anak sangat suka es kriem, nah setelah makan es krim jangan buang stiknya karena stik es krim bisa dijadikan bahan membuat kerajinan. Misalnya: menjadi tempat pingsil, tempat lampu dsb. Cara membuatnya sangat mudah, bahan-bahannya pun sederhana hanya stiek es krim, lem dan gunting.

Kelebihan memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan media pembuatan kerajinan, selain mengajarkan anak memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai juga tidak memerlukan biaya mahal karean barangnya sudah ada disekitar kita. Selain itu kegiatan membuat kerajinan tangan untuk anak-anak dapat mengembangkan kreativitas dan merangsang perkembangan otak anak. Selamat berkreasi!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More