Home Aneka Hobi Manfaat Mainan Lego Untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Mainan Lego Untuk Tumbuh Kembang Anak

by Beverley Kennedy

Mainan lego merupakan jenis mainan edukatif yang tidak hanya disukai anak-anak. Banyak para remaja hingga orang dewasa yang mengoleksi mainan ini. Untuk anak-anak mainan ini dapat membantu tumbuh kembang anak, diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengajarkan Anak Mengenal Bentuk, Warna Dan Ukuran

Lego memiliki banyak bentuk dan ukuran. Selain itu lego memiliki bermacam-macamwarna yang beragam yang bisa dijadikan media untuk mengenal banyak bentuk dan warna. Dengan banyaknya ragam tersebut membantu anak menyusun bentuk dari mainan lego sambil mempelajari warna-warna dan ukuran besar kecilnya.

Melatih Kemampuan Motorik

Kemampuan motorik dapat diasah dan dilatih, salah satunya adalah dengan mainan. Aktifitas saat bermain lego, anak akan mengambil dari tumpukan lalu memegang dan memasang lego dapat melatih kemampuan motorik. Dengan bermain lego pergerakan dan refleks tubuhnya akan lebih baik.

Mengembangkan Kreativitas Dan Imajinasi

Bentuk lego hanyalah kotak dan tidak memiliki bentuk yang pasti. Namun dengan menyusunnya bisa membuat kotak-kotak tersebut menjadi bentuk yang diinginkan. Hal ini melatih imajinasi dan kreativitas anak. Dampingi anak saat bermain leg, bantu ia untuk melatih imajinasinya dan memikirkan bentuk apa yang mereka inginkan. Dengan demikian membantu anak melatih bagaimana caranya menuangkan gagasan dan bersabar.

Baca Juga: Ceriakan Dunia Anak Dengan Mainan Edukatif

Melatih Anak Bekerjasama Dan Bermain Bersama

Lego bisa dijadikan media bekerjasama dengan teman-temannya menyusun kotak lego menjadi bentuk tertentu. Setelah mereka selesai membuat bentuk, jangan lupa memberi mereka pujian. Hal tersebut akan mengajarkan anak mengenai pentingnya bermain dan bekerjasama. Sebaiknya hindari anak berkompetisi dengan menilai siapa yang membuat bentuk terbaik, karena cara ini malah membuat anak yang kalah menjadi tidak pecaya diri.

Itulah beberapa manfaat lego sebagai mainan edukatif. Namun ada beberapa hal yang mesti orang tua ketahui jika akan memberikan mainan ini untuk anaknya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Agar mainan efektif membantu tumbuh kembang anak maka penting memilih mainan berdasarkan usianya. Mainan lego bisa dimainkan oleh anak mulai dari yang usia 4 – 11 tahun ke atas.
  • Ada banyak ukuran lego yang bisa Anda pilih. Semakin kecil usia anak, maka lego yang diberikan sebaiknya yang ukurannya besar. Hal ini demi keamanan, menghindar anak menelan mainan. Perhatikan juga bentuk lego, hindari yang ujungnya tajam.
  • Pilih lego yang tingkat kesulitannya sesuai dengan usia dan kemampuan anak. Jangan memberikan lego kepada anak 4 tahu dengan mainan lego yang kesulitannya untuk anak 7 tahun.

Itulah manfaat lego dan beberapa hal yang harus dijadikan bahan pertimbangan jika Anda memberikan mainan lego untuk anak. Selalu damping anak saat bermain, selain mengawasi Anda bisa mengajarkan anak bagaimana mengasah kreativitas dan membantu menstimulasi mainan agar lebih efektif. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

READ  Harga Vapor Terkini Menurut Jenis Mods yang Digunakan

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More