Home Tips Manfaat dan Teknik Dasar Sepak Takraw yang Harus Anda Ketahui

Manfaat dan Teknik Dasar Sepak Takraw yang Harus Anda Ketahui

by Beverley Kennedy
Manfaat dan Teknik Dasar Sepak Takraw yang Harus Anda Ketahui

Sepak takraw merupakan jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli yang dimainkan di lapangan ganda bulutangkis dan pemain tidak menyentuh bola dengan tangan. Peraturan dari permainan ini adalah pemain tidak menyentuh bola dengan tangan, pemain atau tim hanya boleh menyentuh bola 3 kali berturut-turut, dan posisi pemain bertahan tidak diputar. Bola takraw terbuat dari anyaman rotan dan pemain berdiri membentuk lingkaran. Sebagai pemain tentu perlu mengetahui manfaat dan teknik dasar takraw.

 Manfaat dan Teknik Dasar Sepak Takraw yang Harus Anda Ketahui

Berikut adalah manfaat bermain takraw diantaranya:

  • Tulang dan otot menjadi kuat, karena gerakan yang dilakukan seperti melompat, menendang dan lainnya secara tidak langsung dapat melatih otot-otot tubuh.
  • Melatih otak, karena pada saat permainan pemain harus cepat menahan serangan lawan dan melatih pikiran dalam mengambil keputusan cepat dalam permainan dengan menyusun serangan untuk bertahan dan menangkis serangan lawan.
  • Menjaga kesehatan jantung, karena akan menyebabkan banyak keringat keluar dan peredaran dalam tubuh menjadi lancar sehingga baik untuk tubuh.
  • Mencegah resiko terkena diabetes, karena peredaran darah yang lancar akan membuat kadar gula dalam darah menurun sehingga terhindar dari diabetes.

Selain itu, manfaat sepak takraw adalah untuk mengurangi stress karena permainan ini akan membuat pemainnya terfokus pada permainan dan tidak memikirkan hal lainnya. Membuat awet muda karena mencegah terjadi penurunan daya kerja otak serta melakukan permainan akan menguras banyak energi dan membuat tubuh tetap bugar karena peredaran darah lancar dan racun keluar dari tubuh. Sebagai penyalur syaraf otak akan membuat gelombang alpha pada otak meningkat dan memberi keuntungan pada kejiwaan.

Berikut adalah teknik dasar takraw diantaranya:

 

  • Sepak kura atau kuda, dimana punggung kaki yang digunakan dan fungsinya supaya mengambil bola dari serangan lawan.
  • Sepak sila, menggunakan aki pemain bagian dalam dan digunakan untuk mengumpan bola pada teman setim dan digunakan pemain dalam memberi serangan balik setelah lawan menyerang.
  • Sepak mula, merupakan sepak servis dan menjadi salah satu sepakan penting saat permainan dimulai.
  • Menapak, untuk menyepak bola menggunakan telapak kaki dan digunakan saat hendak melakukan smash kepada grup lawan, tujuannya sebagai pemblokir smash yang diarahkan kepada tim lawan.
  • Heading, dibutuhkan ketika penerimaan kembali bola lemparan dari lawan dengan posisi bola diatas dan kaki pemain tidak mudah menjangkaunya maka kepala bagian depan segera menyundulnya.

Dalam teknik dasar sepak takraw perlu juga mempelajari sepak cungkil yang dilakukan menggunakan jari kaki dengan tujuan untuk mengambil bola yang jaraknya termasuk jauh. Membahu merupakan teknik untuk mengendalikan bola hasil serangan lawan dengan kontrol yang baik. Ada juga teknik mendadak yang digunakan sebagai pengontrol untuk menerima bola dan biasanya digunakan untuk mengontrol bola yang datang secara mendadak.

READ  Tips Yang Bisa Kalian Gunakan Ketika Membeli Alat Musik Gitar

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More