Home Tanaman Manfaat Dan Kriteria Tanaman Hias Di Dalam Ruangan

Manfaat Dan Kriteria Tanaman Hias Di Dalam Ruangan

by Beverley Kennedy

Semakin tingginya kesadaran manusia akan manfaat tanaman, membuat sebagian orang memilih jenis tanaman hias yang bisa diletakkan di dalam ruangan. Tanaman yang diletakkan di dalam ruangan fungsinya tidak hanya menjadi penghias saja namun mampu menyerap polutan, gas berbahaya dan membersihkan udara di dalam ruangan.

Sirkulasi udara di dalam rumah yang tidak baik bisa menyebabkan bahaya pada pernapasan, apalagi jika ada anggota keluarga yang merokok atau asap sisa makanan yang tertinggal di dalam ruangan. Cara membersihkan udara di dalam ruangan bisa menggunakan tanaman hias. Namun memilih tanaman hias untuk di dalam ruangan tidak bisa sembarangan. Ada beberapa aspek yang harus Anda ketahui, yaitu:

Suhu Udara DI Dalam Ruangan Sesuai

Poin pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi ruangan, apakah ruangan Anda memiliki suhu udara yang alami atau karena mesin pendingin (AC). Idealnya tanaman disimpan di dalam ruangan yang memilki suhu udara alami. Tapi ada juga beberapa jenis tanaman yang cocok diletakkan di ruangan AC yang kering dan dingin. Seperti: beringin bonsai, lidah mertua, sirih gading dsb.

Ruangan Terkena Sinar Matahari

Tanaman yang disimpan di dalam ruangan juga membutuhkan sinar matahari walaupun hanya sedikit. Itu sebabnya pastikan tempat atau posisi tanaman disimpan memiliki jendela atau bukaan yang cukup mengenai tanaman yang ada didalam.

Kenali Jenis Tanaman

Anda harus mengenali jenis tanaman yang disimpan, apakah bisa bertahan dalam kondisi basah atau kering. Hal tersebut mempengaruhi  cara dan teknik penyimpanan tanaman yang sesuai dan tepat.

Baca Juga: Tanaman Hias untuk Taman Minimalis

Banyak jenis tanaman indoor yang tepat untuk membersihkan udara, namun yang paling bagus adalah yang memiliki banyak daun. Pada tanaman yang berbunga kurang maksimal membersihkan udara karena umumnya membutuhkan sinar matahari yang cukup. Sedangkan yang memiliki daun lebat lebih mampu bertahan dan perawatannya sangat mudah. Berikut ini beberapa jenis tanaman indoor pembersih udara yang bisa Anda jadikan referensi.

  • Sirih Gading

Tanaman ini memiliki beberapa jenis, ada yang digunakan untuk pengobatan ada juga untuk membersihkan udara. Keistimewaan tanaman ini bisa ditanam menggunakan media air. Jika sudah tumbuh lebat daunnya akan merambat dan menjuntai kebawah.

  • Aglonema

Tanaman yang satu ini memiliki ciri khas daunnya putih dengan corak hijau menyebar ke permukaan. Sebagian masyarakat menyebutnya Sri Rejeki. Kelebihan tanaman ini adalah mampu menyerap benzene dan formaldehida di udara.

  • Peace Lily

Selain mampu membersihkan udara, tanaman yang satu ini sangat indah bunganya. Mirip seperti kuncup bunga lili.

Selain ketiga jenis tanaman hias tersebut, masih ada beberapa jenis tanaman lainnya yang cocok disimpan di indoor dengan kemampuannya menyerap udara yang kotor, seperti: pakis boston, heart leaf philodendron, monster delicosa dsb.

See also  TEMPAT WISATA DENGAN BANYAK WAHANA

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More