Home Aneka Hobi Manfaat Buku Novel Sebagai Literatur Bacaan

Manfaat Buku Novel Sebagai Literatur Bacaan

by Beverley Kennedy

Membaca saat ini bukanlah menjadi hobi yang paling banyak dimiliki seperti dahulu. Bisa dilihat bahwa keinginan untuk membaca anak jaman sekarang sudah banyak menurun yang digantikan dengan permainan gadget atau sosial media. Padahal dengan membaca, anak-anak hingga orang dewasa bisa memiliki wawasan yang luas dan tak terbatas tanpa perlu mempraktekkannya seorang diri. Sebenarnya di internet pun banyak sekali sumber bacaan yang sama dengan yang ada di buku, namun sayangnya penggunaan internet untuk edukasi masih kalah dibandingkan penggunaannya untuk bersosial media. Karenanya perlu adanya sosialisasi dan pemerataan sumber bacaan salah satunya adalah buku novel.

Sumber bacaan yang bisa memberikan ilmu bukan hanya buku pelajaran, tips-tips di majalah atau koran saja. Novel yang merupakan karangan fiksi juga bisa dijadikan literatur yang bermanfaat. Orang banyak beranggapan bahwa membaca novel hanya menghabiskan waktu saja dan tak memiliki guna dibandingkan membaca buku pelajaran atau koran. Namun tunggu dulu, dengan novel yang berkualitas, maka sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa diambil dari sebuah novel fiksi yaitu:

  • Melatih empati.

Pada novel cerita, akan ada tokoh yang memiliki berbagai kepribadian, karakter dan peran dalam menyusun cerita. Masing-masing tokoh bisa membuat si pembaca mendalami karakter yang berbeda-beda sehingga menumbuhkan rasa empati terhadap sesama.

  • Melihat dunia luar.

Latar lokasi buku novel seringkali adalah lokasi yang belum pernah Anda kunjungi. Novel yang menggunakan latar dunia nyata bisa memberikan Anda gambaran tentang lokasi tersebut sehingga seolah-olah Anda telah mengunjunginya walau belum pernah kesana secara langsung.

Baca Juga: 4 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Setelah Membaca Buku Novel

  • Mengambil kesimpulan dari cerita.

Sebuah cerita akan memberikan Anda kesimpulan dimana kesimpulan tersebut bisa juga diterapkan untuk kehidupan nyata.

Dari berbagai manfaat di atas, mendasari diperlukannya berbagai jenis novel yang berkualitas untuk dijadikan literatur bacaan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Namun tentu saja novel yang disediakan harus sesuai dengan rentang usia pembacanya. Justru dengan bacaan yang diminati, ilmu atau isi akan lebih mudah diserap dibandingkan bacaan berat yang membuat pusing kepala.

Indonesia saat ini sedang gencar melakukan donasi buku untuk berbagai lokasi dipenghujung batas negara. Buku-buku yang didonasikan bisa berupa majalah, buku tulis, buku novel, buku pendidikan, dan buku tulis. Diharapkan semakin banyak buku yang bisa disalurkan ke pelosok tanah air, anak-anak dan masyarakat di kota tujuan bisa memiliki sumber bacaan yang beragam untuk bisa menambah wawasan dan ilmu baik mental maupun emosional. Bagi Anda yang ingin berperan serta, kirimkan buku Anda melalui kantor pos setiap tanggal 17 ke alamat yang bisa Anda pilih sendiri dari berbagai alamat di website PT Pos Indonesia.

 

READ  Inilah Review Pemakaian Kamera Sony A6000 yang Wajib Anda Baca Sebelum Membeli

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More