Home Aneka Hobi Manfaat Bersepeda yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bersepeda yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

by Beverley Kennedy

Selain digunakan sebagai sarana rekreasi, bersepeda membuat tubuh kita aktif dalam bergerak. Seperti yang sudah kita ketahui, tubuh yang aktif membantu kita tetap bugar dan sehat. Bersepeda minimal 2,5 jam seminggu saja sudah dapat membawa dampak positif bagi tubuh kita. Berikut ini adalah 5 manfaat bersepeda yang luar biasa bagi fisik dan psikis kita:

  • Memperbaiki sistem cardiovascular.

Bersepeda termasuk salah satu olahraga cardiovascular, dikategorikan demikian karena saat bersepeda, beberapa organ dalam seperti jantung, paru-paru serta sistem sirkulasi darah akan meningkat kinerjanya. Sehingga bersepeda dapat menguatkan otot jantung, menurunkan tekanan darah, membasmi kolesterol dalam darah serta dapat menurunkan resiko penyempitan pembuluh darah karena jantung dapat memompa darah dengan baik.

  •  Meningkatkan kekuatan dan massa otot.

Cara termudah untuk meningkatkan kekuatan sekaligus massa otot adalah dengan bersepeda. Karena saat bersepeda, semua anggota tubuh ikut aktif. Mulai dari tangan hingga mata. Sehingga bisa dijadikan latihan memperkuat otot.

  • Menjaga berat badan tetap ideal.

Dengan bersepeda secara rutin, selain sistem cardiovascular dan kekuatan otot jadi membaik, berat badan pun bisa terjaga tetap ideal. Seperti yang sudah diungkapkan pada poin sebelumnya, aktivitas otot tubuh meningkat saat bersepeda, sehingga membantu membakar kalori sekaligus lemak jahat dalam tubuh. Selain itu, dengan gerak aktif saat bersepeda, akan membantu tubuh meningkatkan sistem metabolisme-nya yang bisa dijadikan detox yang baik.

  • Menurunkan tingkat stress.

Manfaat bersepeda berikutnya yaitu ketika bersepeda tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut dengan endorphin. Hormon ini dapat memicu rasa nyaman dan juga suasana hati (mood) yang positif. Tak hanya itu, hormon endorphin juga dapat mengurangi rasa sakit. Selain itu, jika bersepeda dilakukan di daerah-daerah pedesaan atau melewati jalur-jalur yang masih hijau seperti bentang alam akan memberikan nilai plus dalam kegiatan bersepeda Anda. Timbulnya rasa nyaman dari dalam tubuh sekaligus pemandangan yang indah sepanjang mata melihat saat bersepeda tentu akan membuat Anda sejenak melupakan stress dan beban pikiran yang menggelayuti. Mood Anda pun juga akan semakin membaik.

  • Menurunkan resiko radang sendi dan penyakit-penyakit lain.

Penelitian membuktikan bahwa orang yang rutin mengayuh sepeda cenderung tidak mudah terkena penyakit pada persendian. Sikut, lutut, pergelangan tangan dan kaki secara otomatis akan aktif saat bersepeda sehingga dengan ini dapat membuat persendian pada anggota gerak semakin fleksibel. Tak hanya itu saja, manfaat bersepeda yang bisa Anda rasakan adalah dapat menurunkan resiko penyakit lain seperti diabetes karena tubuh memproduksi insulin secara stabil. Selain itu, bersepeda juga dapat mencegah resiko timbulnya penyakit kanker, khususnya kanker usus besar.

READ  Tanaman Hias untuk Taman Minimalis

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More