Home Aneka Hobi Manfaat Bersepeda ke Sekolah Atau ke Kantor Bagi Kesehatan Fisik

Manfaat Bersepeda ke Sekolah Atau ke Kantor Bagi Kesehatan Fisik

by Beverley Kennedy

Di beberapa negara yang ada di Eropa seperti Belgia, Swiss, Jerman, Belanda, Denmark, Finlandia hingga Prancis, bersepeda adalah bagian dari kebudayaan dan rutinitas sehari-hari warganya. Tak hanya itu saja, di Jepang dan Tiongkok pun, sepeda merupakan salah satu transportasi pribadi paling populer dibandingkan mobil. Hal ini bukan tanpa alasan, mereka sudah lebih dulu mengetahui dan sadar akan manfaat bersepeda yang bisa mereka peroleh. Bahkan di beberapa kota di Indonesia sendiri, mulai banyak yang mendirikan komunitas bersepeda, salah satunya adalah bersepeda ke kantor. Bagi yang belum tahu, ternyata bersepeda ke sekolah, kampus, tempat kerja atau kantor punya banyak manfaat:

  • Baik untuk kesehatan jantung.

Bagi yang tidak punya banyak waktu untuk ke gym atau melakukan olahraga lainnya, bersepeda menuju tempat beraktivitas bisa jadi cara terbaik untuk berolahraga. Sama halnya dengan olahraga lainnya, bersepeda juga baik untuk kesehatan jantung dan membantu menurunkan resiko terkena penyakit cardiovascular yang berbahaya. Saat bersepeda, jantung akan memompa darah lebih cepat dan pembuluh darah pun juga melebar sehingga peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar.

  • Membentuk tubuh yang ideal.

Ada beberapa alasan mengapa manfaat bersepeda adalah dapat membantu membentuk tubuh yang ideal. Pertama karena Anda harus bangun lebih awal dan sarapan sebelum bersepeda menuju kantor, seperti yang kita ketahui bahwa sarapan merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga berat badan, kedua saat bersepeda tubuh lebih aktif bergerak sehingga membantu membakar kalori dan lemak dalam tubuh dan yang ketiga bersepeda membuat otot-otot kaki, tangan, bahu serta perut dapat mengencang sehingga membuat tubuh Anda terlihat lebih kekar dan kencang.

Baca Juga:Manfaat Bersepeda yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

  • Menjaga keseimbangan dan koordinasi tubuh yang baik.

Saat Anda bersepeda, maka hal yang penting adalah keseimbangan dan koordinasi tubuh. Saat bersepeda, anggota gerak seperti tangan dan kaki, indera penglihatan dan pendengaran serta pikiran harus seimbang dan berkoordinasi dengan baik. Hal inilah yang membantu melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh Anda. Bersepeda juga baik untuk kesehatan mental karena Anda harus benar-benar fokus dan berkonsentrasi di jalan.

  • Menjadikan panjang umur.

Memang, umur adalah rahasia Tuhan Yang Maha Kuasa, namun setidaknya dengan bersepeda, Anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. Karena bersepeda termasuk olahraga, maka beberapa resiko penyakit dalam tubuh dapat menurun dengan sendirinya setelah Anda bersepeda. Manfaat bersepeda yang lainnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Bahkan pada banyak penelitian menyebutkan bahwa resiko terkena kanker dapat diturunkan dengan bersepeda setidaknya 1-2 jam setiap harinya, di antaranya adalah kanker prostat dan kanker payudara.

 

READ  Rahasia Cepat Mahir dalam Bermain Sepak Takraw untuk Pemula

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More