Home Tanaman Manfaat Bercocok Tanam yang Bisa Anda Rasakan

Manfaat Bercocok Tanam yang Bisa Anda Rasakan

by Beverley Kennedy
Manfaat Bercocok Tanam yang Bisa Anda Rasakan

Bercocok tanam biasanya dilakukan oleh para orang tua yang bosan kala menghabiskan waktu di rumah sendiri tanpa ada yang menemani. Namun, semakin lama, semakin banyak anak muda yang mulai untuk berkebun. Pertama adalah mampu memenuhi kebutuhan makanan tanpa harus bersusah payah membeli di pasar. Dengan adanya kebun misalnya di belakang atau depan rumah ataupun lewat cara hidroponik, maka anda bisa mendapatkan bahan makanan misalnya selada yang langsung Anda petik sendiri dan masih dalam kondisi segar sehingga vitaminnya juga masih terjaga dengan baik.

 Manfaat Bercocok Tanam yang Bisa Anda Rasakan

Kedua adalah membantu untuk meningkatkan perekonomian. Bagi yang memiliki lahan yang cukup besar ataupun sukses dalam hidroponik dan jenis yang lainnya, Anda bisa menjual hasil dari olahan kebun tersebut sehingga Anda mendapatkan uang yang bisa dipergunakan untuk menambah penghasilan yang Anda miliki. Ketiga adalah membantu untuk menyalurkan hobi. Tidak sedikit orang yang memilih untuk berkebun sebagai hobinya. Dengan berkebun atau menanam tanaman tersebut Anda juga bisa bereksperimen untuk mengawinkan beberapa jenis pohon untuk mendapatkan varietas yang diinginkan.

Keempat adalah bagus untuk kesehatan. Hal tersebut disebabkan karena dengan bercocok tanam, maka anda akan bergerak secara terus menerus sehingga menyebabkan tubuh Anda mengeluarkan keringat. Dari keringat tersebut, racun yang ada di dalam tubuh juga keluar sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, hasil cocok tanam yang hijau dan membuat pemandangan menjadi asri juga bisa menjadi terapi mata tersendiri sehingga mata yang jenuh bisa kembali lebih sehat setelah memandang warna hijau dari kebun Anda.

Kelima adalah menghemat biaya kesehatan. Karena cocok tanam berpengaruh pada kesehatan dan menyebabkan Anda menjadi lebih sehat, maka biaya kesehatan seperti untuk control ataupun biaya dokter karena anda sakit dan harus periksa bisa disimpan dan dipergunakan untuk jenis keperluan yang lainnya. Selain itu, karena Anda merawat dan mengembangkan tanaman tersebut sendiri, misalnya jenis sayuran, dan Anda tahu pupuk serta cara pemeliharaannya misalnya tidak menggunakan pestisida sehingga kandungan gizi semakin bagus yang berimbas pada kesehatan tubuh.

Selain bercocok tanam di pekarangan, Anda juga bisa menanamnya di pot. Manfaatnya adalah:

  • Lebih mudah untuk dipindahkan sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya yang ukurannya kecil bisa ditempatkan di teras rumah atau di meja atau di dalam rumah untuk membantu menambah nilai estetika interior rumah.
  • Mampu menyuplai kebutuhan anda sehari-hari terutama jika tempat tinggal Anda jauh dari supermarket atau pasar.
  • Bisa juga digunakan untuk memperkenalkan kepada anak agar anak lebih mudah untuk belajar dan mencoba untuk menghargai makhluk hidup lainnya ataupun memudahkan anak untuk belajar mencintai lingkungannya sehingga tidak rusak.

 

READ  5 Tumbuhan Yang Bisa Dijadikan Tanaman Bonsai

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More