Home Aneka Hobi Mainan Tradisional Anak Indonesia yang Masih Ada Hingga Saat Ini

Mainan Tradisional Anak Indonesia yang Masih Ada Hingga Saat Ini

by Beverley Kennedy

Bentuk hiburan rakyat Indonesia kian lama memang kian mengalami perubahan, dari dulunya hiburan yang bisa didapatkan secara gratis hingga sekarang ini semuanya hanya bisa didapatkan dengan mengeluarkan uang atau biaya. Namun jika dilihat masih banyak diantara anak-anak Indonesia yang senang memainkan mainan tradisional. Tentunya menjadi sebuah kebanggaan karena paling tidak budaya dalam negeri akan terus lestari hingga ratusan tahun mendatang, selama masih banyak anak negeri yang melestarikannya.

Dibandingkan dengan mainan modern sebenarnya mainan tradisional sendiri menawarkan lebih banyak manfaat bagi anak-anak. Diantaranya adalah dari segi pembentukan hiburan sosial dengan orang lain. Kebanyakan diantara permainan tradisional memang hanya bisa dimainkan bersama. Tidak seperti permainan modern, cukup mengandalkan sebuah gadget saja semua bentuk hiburan bisa didapatkan. Hal inilah yang kemudian bisa memicu sikap individualisme dalam diri anak-anak, mereka menjadi sulit bergaul dengan lingkungannya.

Untuk itu tak ada salahnya memperkenalkan mereka dengan permainan tradisional yang masih ada hingga saat ini, seperti diantaranya adalah:

 Lihat juga beberapa permainan tradisional yang hampir hilang di telan zaman, baca selengkapnya di hobibanget.com

  1. Balap karung, permainan yang satu ini biasanya hanya diadakan ketika event 17 Agustus sebagai bentuk pertandingan atau lomba. Caranya adalah satu anak harus masuk kedalam karung dan berlomba mencapai garis finis dengan cara melompat. Siapa yang paling cepat melewati garis finis maka ialah pemenangnya.
  2. Bermain bola bekel, permainan ini umumnya dimainkan oleh anak perempuan, mengandalkan sarana sebuah bola dengan bekel berjumlah 4 hingga 5 buah dengan teknik tertentu. Siapa yang paling cepat menyelesaikan permainan maka ialah nantinya yang akan menang.
  3. Bermain congklak, congklak sebenarnya sebuah alat bermain yang terbuat dari kayu dan memiliki beberapa bagian cekung berjumlah 16 buah. Diisi dengan batu atau biji salak. Permainan yang satu ini mengandalkan kemampuan otak dan juga keberuntungan. Umumnya anak perempuanlah yang senang bermain congklak.
  4. Egrang, permainan yang satu ini terbilang cukup berbahaya, karena harus membekali diri dengan keberanian dan juga keseimbangan untuk bisa menang. Dengan berdiri di sebuah kayu bambu pajang dan berjalan menuju ke garis finis. Egrang ini juga sering kali dijadikan sebagai salah satu pertandingan ketika 17 Agustus.
  5. Engklek, engklek bisa dimainkan oleh perempuan ataupun laki-laki dengan berjalan menggunakan satu kaki. Banyak yang menyebutkan bahwa permainan ini pertama kali dibawa oleh negara Inggris yang menjajah Indonesia, karena negara tersebut nyatanya juga memiliki permainan tradisional serupa.

Setidaknya 5 jenis permainan tradisional tersebut tak akan punah ketika masih banyak anak-anak yang mau memainkannya. Mainan tradisional yang digunakan juga banyak dijumpai di pasaran dengan harga murah. Bahkan tak jarang diantaranya yang isa didapatkan secara gratis.

READ  Tips Keren Cepat Mahir Bermain Gitar Bagi Pemula

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More