Home Aneka Hobi Macam-Macam Gerakan Bayi Dalam Kandungan

Macam-Macam Gerakan Bayi Dalam Kandungan

by Beverley Kennedy

Anda mungkin penasaran dengan gerakan bayi yang ada dalam kandungan Anda sehingga ingin sering-sering melakukan pemeriksaan USG. Sebelum Anda berangkat ke bidan atau dokter kandungan, Anda bisa menyimak bocoran gerakan-gerakan janin di bawah ini.

  1. Mengulet

Saat bangun tidur tentu kita lazim mengulet, bukan? Ternyata ini juga merupakan salah satu gerakan bayi di dalam kandungan, bahkan bisa berlangsung hingga beberapa kali dalam sehari sampai-sampai membuat ibu hamil terbangun.

  1. Olahraga

Gerakan bayi berikutnya adalah olahraga. Ya, benar. Olahraga. Janin melatih otot tubuhnya untuk berkembang dengan cara menggerakkan kaki dan tangan ke kiri dan ke kanan atau meregangkan otot. Ini dirasakan oleh ibu hamil sebagai tendangan dan sikutan. Semakin besar kehamilan akan semakin terasa gerakannya.

  1. Berputar

Saat ibu bergerak, janin pun ikut bergerak. Misalnya, saat ibu sedang mencuci dan janin menganggapnya menarik, maka dia akan mengikuti gerakan tersebut di antaranya dengan memainkan tali pusar, sehingga membuat gerakan berputar ke sana kemari.

  1. Mengisap jempol

Saat ibu hamil makan enak, janin akan mengisap jempol karena menunggu makanan dari aliran darahnya melalui plasenta. Bila isapan jempolnya terlepas, dia akan memutar dan mencari jempolnya lagi. Ibu hamil bisa merasakan gerakan bayi yang cepat ini.

  1. Mengetuk

Coba Anda ketuk perut Anda dengan lembut. Nanti janin akan merespons ketukan tersebut dari dalam. Ini bisa bermanfaat karena dapat merangsang otak sejak dalam kandungan. Selain ketukan, bayi dalam kandungan juga akan merespons usapan Anda pada perut.

  1. Menggelitik

Ketika ibu merasa cape tapi bayi dalam kandungan masih aktif, dia akan memberi isyarat agar ibu mengusap perut dan menina-bobokannya. Isyarat ini bisa Anda rasakan seperti gelitikan dan mungkin akan membuat Anda kurang nyaman. Bila sudah seperti ini, Anda tinggal mengusap-usap terus perut Anda. Tidak sampai 5 menit, dia bakal tenang lagi.

  1. Hormat (Menutup mata dengan tangan)
READ  Harga Gitar Elektrik Termahal di Dunia

Janin akan menutup matanya dengan tangan jika Anda sedang berjemur dan terkena sinar matahari. ini terjadi karena dia sudah bisa merasakan silaunya sinar matahari yang masuk melalui kulit sang ibu. Posisi ini  sering dijumpai saat USG 4 dimensi.

Janin yang bergerak merupakan pertanda sehat, jadi Anda tidak perlu khawatir. Selain harus sering diajak ngobrol dan diusap-usap, ibu hamil jangan sampai lupa untuk selalu memenuhi asupan makanan bergizi untuk bayi dalam kandungan Anda.

Masa-masa janin bergerak dalam kandungan Anda ini harus dinikmati karena bagaimanapun juga sebentar lagi Anda akan menjalani persalinan. Masa-masa ini akan membuat Anda kangen karena mungkin Anda akan segera lupa begitu bayi Anda lahir dan Anda tidak hamil selama beberapa waktu. Mari berdoa semoga anak Anda sehat hingga persalinan nanti. Aamiin.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More