Home Tips Lakukan Tips Berikut Ini Saat Memilih Hewan Peliharaan Agar Mendapatkan yang Terbaik

Lakukan Tips Berikut Ini Saat Memilih Hewan Peliharaan Agar Mendapatkan yang Terbaik

by Beverley Kennedy
Lakukan Tips Berikut Ini Saat Memilih Hewan Peliharaan Agar Mendapatkan yang Terbaik

Memutuskan untuk memelihara hewan di rumah memang membutuhkan pertimbangan yang cukup matang. Karena saat memutuskan memelihara hewan, maka Anda juga harus sudah siap dengan segudang tanggung jawab. Karena disini hewan peliharaan tidak hanya sebagai hiburan saja namun juga teman. Tanggung jawab yang harus dilakukan tidak hanya dengan memberikan makan saja, namun Anda juga harus siap jika harus merawatnya mulai dari memandikan, mengurusi kotorannya, dan memperhatikan kesehatannya.

Lakukan Tips Berikut Ini Saat Memilih Hewan Peliharaan Agar Mendapatkan yang Terbaik 

Banyak jenis hewan yang bisa kita pelihara di rumah. Namun tidak semua jenis hewan tersebut cocok untuk kondisi masing-masing orang. Anda perlu mempertimbangkan banyak hal agar tidak salah langkah. Karena adanya hewan yang dipelihara di rumah berarti ada anggota baru yang harus diperhatikan. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat memilih hewan yang tepat untuk dipelihara, seperti:

  • Tujuan memelihara.

Pertimbangan yang pertama adalah melihat terlebih dahulu tujuan memelihara hewan. Jika ingin sebagai teman di rumah, maka Anda bisa menjatuhkan pilihan pada beberapa hewan, seperti kucing, anjing, atau kelinci. Jika ingin melatih tanggung jawab anak, Anda bisa memilih kucing, anjing, dsb. Dan jika Anda membutuhkan untuk belajar merawat maka bisa memilih ikan sebagai peliharaan. Karena dari segi perawatannya lebih mudah dan tidak menyita banyak waktu.

  • Waktu yang dimiliki.

Lihat ketersediaan waktu Anda di rumah sebelum memutuskan untuk memelihara hewan. Jika waktu Anda banyak dihabiskan untuk bekerja di luar rumah, maka jangan memelihara anjing atau kucing. Karena dikhawatirkan Anda tidak punya cukup waktu untuk memberi makan maupun merawatnya. Daripada hewan tersebut menderita, lebih baik Anda mencari hewan yang mudah perawatan dan tidak harus membutuhkan perhatian lebih, seperti ikan.

  • Tempat.

Tempat juga menjadi bahan pertimbangan sebelum memelihara hewan peliharaan. Karena nantinya Anda tentu membutuhkan ruang tersendiri untuk kandang hewan. Jika ruangan rumah Anda sempit, pilih hewan yang tidak memakan banyak tempat, seperti ikan. Namun jika cukup luas dan mampu menampung hewan, maka anjing, kelinci, bisa menjadi pilihan yang tepat.

  • Gaya hidup.

Beberapa jenis hewan tertentu seperti anjing membutuhkan untuk diajak berinteraksi, jalan-jalan, dan beraktivitas di luar rumah lainnya. Jika Anda termasuk orang yang sibuk dan jarang di rumah, maka anjing kurang sesuai untuk Anda pelihara. Sebaiknya cari hewan yang tidak membutuhkan banyak interaksi, seperti kucing, ikan, dsb.

  • Anggaran biaya yang dimiliki.

Saat memutuskan untuk memelihara hewan, maka Anda juga harus siap dengan biaya yang harus dikeluarkan. Mulai dari biaya perawatan, biaya kandang, biaya

  • Berdiskusi dengan anggota keluarga.

Lakukan diskusi terlebih dahulu sebelum memutuskan merawat hewan. Karena nantinya mereka juga bisa Anda ajak untuk turut serta dalam perawatannya. Pertimbangkan apakah ada anggota keluarga yang alergi atau tidak suka dengan jenis hewan tertentu. Sehingga nantinya hewan peliharaan tersebut bisa diterima seluruh anggota keluarga.

See also  Agar Bumbu Dapur Lebih Awet, Terapkan Cara Jitu Ini!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More