Home Aneka Hobi Kumpulan Alat Musik Tradisional dan Modern dengan Cara Tiup

Kumpulan Alat Musik Tradisional dan Modern dengan Cara Tiup

by Beverley Kennedy

Alat musik yang cara memainkannya dengan ditiup umumnya berbentuk tabung dan dilengkapi dengan rongga atau kolom udara didalamnya. Jika dilihat dari sumber bunyinya alat musik tiup merupakan jenis golongan alat musik idofon. Tahukah Anda ternyata banyak alat musik tradisional yang merupakan jenis idofon. Jadi tinggi rendahnya nada itu ditentukan oleh besar atau panjangnya rongga yang terdapat pada alat musik tersebut. Contohnya suling, alat tersebut akan terdengar merdu jika mempunyai rongga yang panjang dan begitu pula untuk jenis alat musik lainnya.

Jika dilihat dari bentuknya, alat musik tiup dibagi menjadi dua yaitu alat musik yang terbuat dari logam dan juga alat musik yang terbuat dari kayu. Berikut ini beberapa contoh alat musik tiup yang berada di nusantara Indonesia, antara lain:

  • Tahuri dari Maluku Utara.

Banyak orang yang menyebutnya Tahuri, sebagai alat musik khas Maluku yang berbentuk terompet dan terbuat dari kerang yang berukuran kecil, besar atau raksasa. Untuk cara membuatnya sendiri cukup mudah, dari kerang yang telah dicuci sampai dengan bersih dan kemudian di lubangi di beberapa bagian. Untuk kerang yang mempunyai ukuran kecil akan menghasilkan nada yang tinggi sedangkan untuk kerang yang berukuran besar akan menghasilkan nada yang lebih rendah.

  • Serunai dari Sumatra Barat.

Kemudian ada lagi alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup yaitu Serunai atau orang sering menyebutnya dengan puput serunai. Alat ini mempunyai bentuk ujung yang mengembang dan berfungsi untuk memperbesar volume suara yang dihasilkan. Ada serunai yang terbuat dari batang padi dan cara mengatur nadanya dengan membuka atau menutup bagian yang corong tersebut.

  • Serangko dari Jambi.

Tidak banyak yang mengetahui ternyata tanduk kerbau mempunyai fungsi lain yaitu sebagai alat musik yang dapat menghasilkan suara yang merdu. Orang Jambi menyebutnya dengan nama Serangko yang merupakan tanduk kerbau dan telah disambungkan dengan bambu yang dibagian sisinya telah di lubangi. Pada jaman dahulu alat musik ini digunakan untuk memberikan informasi dari komandan perang saat musuh datang.

Baca Juga: Berbagai Alat Musik Tradisional Khas Jawa yang Terkenal di Dunia

  • Serune kale dari Aceh.

Kemudian ada alat musik ciri khas Aceh dengan bentuk seperti clarinet, dalam beberapa pertunjukan di Aceh alat musik ini digunakan dengan diiringi gendrang, rapai dan alat musik lainnya.

  • Saluang dari Subar.

Dari Minangkabau ada alat musik yang terbuat dari bambu kecil atau talang, tetapi masyarakat disana mempercayai bahwa bahan bagus yang digunakan untuk membuat alat musik ini yaitu dari talang. Alat musik ini hampir mirip dengan seruling tetapi dalam proses pembuatannya alat musik tradisional ini lebih sederhana karena hanya dengan melubangi talang dalam 4 lubang sudah dapat menghasilkan suara yang merdu.

READ  Mengenal Teknik Dasar Permainan Saxophone

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More