Home Tips Kucing Persia Atau Kucing Anggora? Inilah perbedaannya

Kucing Persia Atau Kucing Anggora? Inilah perbedaannya

by Beverley Kennedy
Kucing Persia Atau Kucing Anggora? Inilah perbedaannya

Anda penyuka kucing? Kalau iya, anda pasti tahu kucing Persia dan kucing anggora. Kedua jenis kucing ini memang termasuk yang banyak dipiara oleh pecinta kucing. Setidaknya di tanah air. Keduanya sama menggemaskannya. Tapi meski begitu, tentu saja keduanya adalah 2 jenis yang berbeda. Untuk anda yang masih awam, pasti bingung membedakannya. Kucing Persia atau kucing anggora? Inilah perbedaanya.

Kucing Persia Atau Kucing Anggora? Inilah perbedaannya

Sebelum melihat perbedaan secara fisik, anda juga harus tahu asal usul dari kedua jenis kucing tersebut. Meski sama – sama ras kucing yang berasal dari Asia, tapi asal daerahnya ternyata berbeda. Jika kucing anggora berasal dari daerah Ankara, Turki, maka Persia (Iran sekarang) menjadi asal dari kucing Persia.

Setelah mengetahui asal muasalnya, sekarang saatnya anda mengetahui perbedaan keduanya dari fisik dan karakteristiknya.

  • Bulunya

Sama – sama bertipe berbulu banyak atau tebal, tapi tetap keduanya mempunyai perbedaan. Kucing Anggora memang memiliki bulu yang tebal tapi kucing Persia mempunyai tinggal ketebalahn yang lebih. Jenis Persia juga ketebalannya lebih merata diseluruh bagian tubuhnya bila dibanding dengan kucing Anggora.

  • Ekornya

Masih sekitar bulu juga tapi lebih spesifik yaitu pada bagian ekornya. Meski secara umum kucing Persia mempunyai bulu yang lebih tebal dan merata tapi kucing Anggora mempunyai  kekhasan pada bagian ekornya. Ekor kucing Anggora mempunyai bulu yang lebih tebal. Sepintas seperti kemoceng atau ekor musang.

  • Tubuhnya

Dibagian yang termasuk mudah dikenali dari perbedaan kedua jenis kucing tersebut. Kucing Anggora mempunyai tubuh yang lebih langsing. Selain itu, tubuhnya lebih tinggi. Jadi bisa dikatakan tubuh kucing Anggora lebih proposional atau ideal. Di sisi lain, kucing Persia mempunyai tubuh yang gemuk membulat. Tingginya pun lebih pendek dari Anggora. Hal ini terlihat dari kakinya yang pendek.

  • Wajahnya

Nah ini ciri yang paling mudah dikenali dari kedua jenis kucing tersebut. Sesuai dengan tubuhnya, kucing Anggora mempunyai wajah lebih tirus, layaknya kucing lokal. Dengan hidung yang lebih mancung dan telinga lebih runcing dan panjang.

Untuk Persia wajahnya bulat dengan hidung  yang pesek, sehingga banyak yang menyebut si hidung pesek. Hampir tidak ada yang menonjol dari wajahnya, dari bagian hidung, dahi dan mata terlihat mendatar. Pada bagian mata pun Persia cenderung bulat bila dibanding dengan Anggora yang mirip mempunyai mata layaknya kucing lokal.

  • Karakteristik

Mungkin karena bentuk tubuhnya, keduanya mempunyai karakteristik yang berbeda. Anggora cenderung aktif, energik, penurut dan lebih interaktif. Sedangkan Persia cenderung pasif, malas, manja dan lebih senang diam untuk beristirahat atau tidur.

Simak juga tips dan trik nya untuk merawat kucing kesayangan anda. Baca selengkapnya di cumahobi.com

See also  Kapan Waktu yang Tepat Mengecek Kesehatan Hewan Peliharaan Anda di Dokter Hewan?

Nah, bagaimana anda sekarang sudah bisa membedakan keduanya bukan?

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More