Home Aneka Hobi Komponen Sepeda Gunung Dan Fungsinya

Komponen Sepeda Gunung Dan Fungsinya

by Beverley Kennedy

Ada banyak jenis sepeda gunung atau MTB sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui. Bagi Anda yang menyukai hobi bersepeda, sudah seharusnya mengetahui komponen-komponen yang ada di sepeda. Terutama bagian sepeda yang penting tujuannya untuk mengetahui jika terjadi masalah, penyebabnya atau menjadi bisa lebih paham bagaimana cara memperbaikinya.

Berikut ini kami akan membagikan informasi mengenai komponen sepeda gunung yang mesti Anda ketahui. Langsung saja simak uraiannya berikut ini:

Handle Bar

Handle bar adalah kemudi atau stang. Ada beberapa jenis handle bar pada sepeda MTB yaitu: jenis rise bar, monkey bar dan standart bar. Di komponen ini terdapat control gigi transmisi, kokpit, rem depan dan belakang, jadi pilih jenis handle bar yang sesuai dengan kebutuhan.

Top Tube

Komponen ini terdapat di frame bagian atas. Pilih sepeda yang ukuran top tubenya sesuai dengan ukuran dan bentuk tubuh.

Down Tube

Komponen sepeda ini merupakan bagian dari frame sepeda. Posisinya melintang dari head set dan terhubung langsung dengan stay, top tube set dan button bracket.

Shifter

Grupset atau komponen pemindah gigi transmisi memiliki fungsi untuk menggerakkan front derailleur (FD) dan rear derailleur (RD). Jenis shifter yang ada dipasaran umumnya untuk penggerak RD kecepatannya mencapai 9-10 speed. Biasanya jenis shifter FD terdiri dari 2-3 speed.

Handgrip

Komponen ini merupakan pembungkus handle bar. Terbuat dari bahan karet atau tergantung kebutuhan. Usahakan memilih handgrip yang tidak bisa berputar , yang terlalu tebal atau tipis karena kurang nyaman saat bersepeda.

Baca Juga: Jenis Sepeda Gunung

Brake Lever

Brake lever adalah tuas rem depan dan belakang, posisikan brake lever dengan tepat sesuai dengan kenyamanan saat bersepeda. Usahakan jari tangan bisa meraih tuas rem.

Head Set

READ  Beberapa Fakta Menarik Tentang Kucing Persia

Komponen ini adalah bagian depan frame didalamnya terdapat bearing dan komponen lain yang fungsinya untuk menghubungkan suspense bagian depan dengan steam dan handlebar.

Stem

Komponen inimerupakan bagian kokpit yang fungsinya untuk menghubungkan handle bar dengan headset dan suspense bagian depan. Ada beragam pilihan ukuran stem untuk suspense depan yang panjang. bentuk stem berbeda dengan stem sepeda standar. Jadi jika Anda merasa stem terlalu panjang dan terasa terlalu membungkuk Anda bisa menggantinya dengan yang ukurannya lebih pendek.

Sadle

Sadle adalah tempat duduk sepeda. Untuk kebutuhan sepeda MTB biasanya ukuran sadle lebih tebal dibandingkan dengan sepeda roadbike. Atur posisi sadle agar benar-benar horizontal atau lurus. Sadle bisa diatur maju dan mundurnya, namun usahakan tidak terlalu jauh atau dekat dengan hadle bar. Pastikan posisi sadle nyaman saat bersepeda agar tidak terkena cidera punggung.

Masih banyak komponen sepeda gunung yang perlu Anda ketahui, seperti seatpost, pedal, crank set, chain ring, chain, idler puller dan masih banyak komponen sepeda lainnya yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More