Home Tips Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

by Beverley Kennedy
Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

Pernah liat gantungan lampu dari botol bekas? Atau kursi unik dari ban? Mungkin sebagian dari anda pernah melihatnya. Itu adalah beberapa hasil kreasi dari kerajinan tangan dari orang – orang kreatif. Dengan memanfaatkan barang yang sudah tidak pakai dengan sentuhan seni dibuat menjadi kerajinan tangan dari bahan bekas.

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

Kerajinan tangan memang tidak perlu terbuat dari bahan – bahan yang baru. Memanfaatkan limbah atau barang bekas juga bisa. Tentu saja diperlukan kreatifitas untuk membuatnya. Kerajinan tangan ini bisa dibuat untuk keperluan sendiri atau juga bisa untuk keperluan komersil atau dijual. Tinggal tergantung anda sendiri tentunya.

Untuk keperluan sendiri mungkin tidak harus harus terlalu sempurna hasilnya. Walaupun juga tergantung, apakah dibuat untuk sebagai hiasan atau yang dicari adalah kegunaannya yang diutamakan. Tapi memang walaupun yang dicari adalah kegunaannya, ada baiknya dikemas dengan tampilan yang baik. Jadi sudah berguna enak pula dilihat.

Nah, beda lagi kalau bicara kerajinan tangan yang sengaja diproduksi untuk dijual. Tentu saja hasilnya harus layak jual meskipun berasal dari bahan bekas. Memanfaatkan potensi limbah atau barang bekas disekitar anda memang tidak ada salahnya. Ada beberapa keuntungan atau nilai positif dengan produksi kerajinan tangan  dengan memanfaatkan limbah atau barang bekas.

  • Bahan baku mudah didapat

Limbah atau bahan bekas tentu saja banyak dibuang orang. Artinya memang mudah didapatkan dan jumlahnya banyak. Tergantung anda mau sedikit bergerak untuk mencarinya. Karena bisa saja tersebar atau ada juga yang terkumpul disuatu tempat. Contoh misal anda membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan sisa –sia kayu bekas atau limbah kayu, maka anda bisa datang ke tempat penggergajian kayu. Atau bisa juga mencari ke tempat produksi yang yang berbahan dasar kayu, seperti kursi, meja dan lain – lain.

  • Bahan baku jauh lebih murah

Meskipun misalnya anda untuk mendapatkan bahan bakunya dengan membelinya, tentu saja harganya jauh lebih murah. Kenapa? Karena pada dasarnya yang anda beli itu limbah atau barang bekas, kalau tidak anda beli pun pasti dibuang. Jadi penjualnya pun akan dengan senang hati menjualnya kepada anda meski murah. Selain menghasilkan penghasilan tambahan dari hal yang tadinya dianggap limbah juga mereka merasa dibantu dalam menangani limbah mereka.

  • Margin labanya lebih besar

Ini tentu saja karena anda mempunyai biaya produksi yang lebih rendah atau relatif kecil karena memanfaatkan barang bekas atau limbah. Tapi dengan catatan, hasil produksinya harus bernilai tinggi. Jadi enggak boleh asal jadi juga meskipun dari barang bekas.

Simak juga beberapa kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa menambah penghasilan anda. Baca selengkapnya di cumahobi.com

  • Membantu pelestarian lingkungan

Nah kalo ini sudah pasti karena anda telah membantu mengatasi masalah sampah yang ada dilingkungan anda.

READ  Ini Dia Beberapa Makanan Rumahan dan Masakan Nusantara yang Bersejarah

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More