Home Peluang Bisnis KELEBIHAN PERNAK-PERNIK UNIK DARI BARANG DAUR ULANG

KELEBIHAN PERNAK-PERNIK UNIK DARI BARANG DAUR ULANG

by Beverley Kennedy

Pasti Anda tahu kalau semakin hari, semakin banyak sampah yang mengisi bumi ini. Beberapa produsen plastik sudah membuat palstik yang mudah hancur untuk waktu yang sudah mereka tentukan, sehingga diharapkan tidak terjadi penumpukan sampah yang semakin banyak. Beberapa pernak-pernik juga ternyata bisa dimanfaatkan lagi, sehingga tidak perlu masuk ke dalam tong sampah. Berita gembiranya, ada kelebihan pernak-pernik unik dari barang daur ulang tersebut.

Meski tidak semua sampah bisa dimanfaatkan lagi, bukan berarti itu menghentikan kita melakukan sesuatu yang bermanfaat dari sampah yang bisa didaur ulang. Banyak sekali barang yang awalnya hanya sebuah sampah, tapi ketika berada di tangan orang yang tepat, maka sampah itu menjadi barang berguna lagi. Bahkan tidak jarang, terlihat menjadi baru lagi dengan wujud yang berbeda.

Lalu kenapa ada orang yang bersusah payah ingin melakukan itu? Ingin membuat sesuatu yang tidak berguna awalnya, menjadi pernak-pernik lucu. Ingin menonjolkan kelebihan pernak-pernik lucu dari barang daur ulang tersebut. Kenapa bisa begitu?

  • Tidak memperbanyak sampah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa barang daur ulang memang berasal dari sampah. Dari barang yang sudah tidak digunakan lagi. Dengan cara mendaur ulang, artinya kita sudah melakukan penghentian terhadap bertambahnya sampah di bumi ini. Karena  kalau tidak melakukan itu, bisa jadi bumi akan tenggelam dengan sampah yang semakin hari semakin menumpuk.

Baca Juga: PELUANG USAHA DENGAN KERAJINAN TANGAN

Kalau sampah yang lantas bisa menjadi pupuk, bisa sangat berguna untuk tanaman. Tapi bagaimana kalau sampah yang tidak bisa? Jenis sampah inilah yang menjadi perhatian beberapa orang. Mereka mengumpulkannya untuk kemudian mereka jadikan sesuatu yang bisa bermanfaat untuk orang-orang yang membutuhkannya.

  • Mengkreatifkan barang tidak terpakai
See also  Beberapa Hal yang Harus Anda Ketahui Seputar Olahraga Takraw

Jelas sekali kalau barang-barang daur ulang adalah barang yang dikreatifkan beberapa orang untuk nantinya menjadi barang berguna lagi. Hal ini mendorong mereka untuk terus berpikir kreatif dan inovatif membuat wujud barang baru dari barang yang sudah tidak terpakai. Daya kreatifitas ini yang pada akhirnya tidak dimiliki semua orang, tapi bukan berarti tidak bisa diikuti oleh orang lain.

Lihat saja bagaimana dari sebuah cangkang telur, pecahan kaca, kepingan Compact Disk, dan sebagainya bisa menjadi pernak-pernik lucu yang bisa menghias rumah. Pembuatan barang-barang ini, tentu saja bisa diikuti oleh semua orang. Meski hasil akhirnya kembali ke pembuatnya masing-masing, apakah barang tersebut menjadi sangat bagus atau biasa saja. Bagaimanapun itu, ada tingkat kepuasan tersendiri tentunya apabila barang tersebut dibuat oleh tangan kita sendiri.

  • Harganya bisa setara bahkan lebih dengan barang non daur ulang

Untuk masalah harga menjadi kelebihan pernak-pernik unik dari barang daur ulang, karena tidak jarang membuat barang-barang daur ulang memiliki harga setara, bahkan lebih dari wujud barang sebelumnya yang belum didaur ulang. Dan ini menjadi sebuah kesempatan untuk kita membuka peluang usaha baru.

Semoga kelebihan pernak-pernik unik dari  barang daur ulang di atas, membuat kita berpikir untuk memanfaatkan sampah yang ada di rumah kita.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More