Home Tips Kegiatan Camping Tidak Berjalan Lancar Tanpa Peralatan Wajib Berikut Ini!

Kegiatan Camping Tidak Berjalan Lancar Tanpa Peralatan Wajib Berikut Ini!

by Beverley Kennedy

Mungkin setiap kali liburan dengan kegiatan yang begitu-begitu saja akan membuat Anda bosan, seperti penginap di hotel, makan di hotel, ataupun lainnya dilakukan di penginapan yang tidak lain hanya merasakan pindah tempat tidur saja. Sekali-kali Anda bisa merencanakan liburan yang berbeda dengan melakukan camping atau berkemah di lingkungan yang lebih dekat dengan alam. Misalnya seperti di tepi pantai, gunung, bukit, hutan ataupun tempat perkemahan lainnya. Walaupun kegiatan seperti ini sudah pernah dilakukan ketika sekolah tetapi Anda akan merasakan nuansa yang berbeda jika dilakukan diluar acara resmi.

Mencoba liburan yang lebih dekat dengan alam dan berbagai perlengkapan yang minim akan memberikan kesan yang sangat berbeda. Perlengkapan yang seadanya itu bukan berarti Anda tidak perlu mempersiapkan apapun, justru liburan dengan berkemah Anda harus lebih siap dengan kerepotan yang menyenangkan karena membawa berbagai barang. Nah, berikut ini ada beberapa alat yang wajib Anda persiapkan ketika akan melakukan kemah yaitu:

  • Tenda.

Yang sudah pasti dan tidak bisa dihilangkan adalah tenda sebagai tempat Anda tidur dan beristirahat. Selain itu di tenda pula sebagai pelindung ketika cuaca ekstrim Anda lewati di alam diluar. Sekarang ini banyak jenis tenda yang membuat para pecamping tidak kerepotan dan lebih praktis. Seperti tenda yang sudah siap langsung pasang dan didirikan, untuk pemula jenis ini sangat memudahkan.

  • Sleeping bag.

Karena memang berada di alam yang sangat berbeda dengan kondisi penginapan , hotel ataupun rumah jadi Anda memerlukan sleeping bag sebagai alas tidur. Tidak mungkin Anda akan membawa kasur pada saat camping berlangsung, karena dengan sleeping bag Anda akan lebih dimudahkan. Tidak perlu lagi membawa selimut ataupun bantal jadi lebih hemat bawaan Anda ketika dalam perjalanan.

Baca Juga: Tips Merawat Tenda Kemping Agar Awet dan Tahan Lama

  • Makanan dan minuman.

Dan selanjutnya adalah bekal makanan serta minuman yang praktis, karena dekat dengan alam secara tidak langsung akan lebih sulit menemukan toko ataupun tempat yang menyajikan makanan. Bawa bahan yang memang lebih mudah diolah seperti roti, mie, sereal, susu, ataupun lainnya yang memungkinkan lebih praktis dimasak.

  • Peralatan memasak.

Yang tidak boleh ketinggalan selanjutnya adalah alat yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis bahan makanan dan minuman yang telah dibawa. Pilih peralatan masak yang lebih praktis dan multifungsi seperti kompor portable, panci, pisau, telenan ataupun lainnya yang diperlukan.

Hal-hal diatas hanyalah peralatan paling pokok yang wajib, walaupun pada dasarnya masih ada persiapan barang lainnya seperti senter, korek, pakaian, obat-obatan dan lain sebagainya. Pastikan Anda memilih peralatan atau barang yang sekiranya sangat penting saja, jangan bawa semua barang yang padahal tidak Anda butuhkan. Karena jika hal itu dilakukan akan membuat Anda kerepotan saat camping berlangsung, baik perjalanan pada saat berangkat ataupun pada saat pulang.

 

READ  Intip 5 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Fisik dan Mental Berikut yang Belum Banyak Diketahui

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More