Home Tanaman Jenis Tanaman Hias Ini Ternyata Mampu untuk Mengurangi Polusi dan Radiasi

Jenis Tanaman Hias Ini Ternyata Mampu untuk Mengurangi Polusi dan Radiasi

by Beverley Kennedy
Jenis Tanaman Hias Ini Ternyata Mampu untuk Mengurangi Polusi dan Radiasi

Tanaman ada yang bisa ditempatkan di dalam ruangan namun ada juga yang ditempatkan di luar ruangan seperti tanaman perdu yang bisa mengurangi polusi dan biasanya ditanam di pinggir jalan. Akan tetapi, ada jenis tanaman hias indoor yang bisa digunakan juga untuk mengurangi polusi yang ada di dalam ruangan. Harga tanaman tersebut umumnya berharga puluhan ribu rupiah per potnya, namun ada juga yang harganya bisa mencapai ratusan ribu.

Jenis Tanaman Hias Ini Ternyata Mampu untuk Mengurangi Polusi dan Radiasi 

Pertama yaitu peace lily. Bunga yang memiliki nama ilmiah Spathiphyllum. Bunga yang lebih dikenal sebagai peace lily ini banyak ditemukan di negara dengan iklim tropis seperti di Asia Tenggara ini memiliki bunga putih yang tidak hanya cantik namun bisa menjadi penangkal polusi. Tanaman ini memiliki manfaat untuk mengurangi zat berbahaya misalnya seton, alkohol, klorofom yang banyak ditemukan di alat tulis kantor sehingga jenis tanaman ini cocok untuk Anda tempatkan di kantor atau di ruang kerja Anda. 

Kedua dalah suji atau dracanea. Daun suji biasanya digunakan sebagai pewarna makanan yang alami misalnya untuk membuat klepon. Namun, tanaman hias ini juga bisa dijadikan sebagai penghias ruangan dan mengurangi polusi di dalam ruangan, misalnya disebabkan karena pernis atau bensin, sehingga udara menjadi lebih bersih dan sehat. Ketiga adalah bunga krisan atau seruni. Tanaman yang memiliki bunga yang cantik ini mempunyai aroma yang wangi sehingga selain bisa menyerap kandungan benzena seperti dari lem, cat, plastik dan deterjen, aromanya bisa membuat Anda menjadi lebih rileks. 

Keempat adalah english ivi. Tanaman yang biasanya di gantungkan di depan rumah ini bisa ditempatkan juga di dalam ruangan. English ivy memiliki manfaat untuk menyerap poluten, mengurangi stress dan bisa membantu untuk mengatasi asma. Bahkan di beberapa penelitian menunjukkan jika tanaman ini memiliki kandungan anti oksidan dan anti kanker. Kelima adalah sri rejeki atau aglaonema. Beberapa tahun lalu, tanaman ini harganya mencapai ratusan ribu rupiah karena tanaman yang disebut juga sebagai chinese evergreen ini bisa menekan populasi jamur dan bakteri yang merugikan hingga 50%. Hal tersebut ditunjukkan oleh penelitian dari Associated Landscape Contrakctor of America yang menunjukkan tanaman ini punya efek anti-bakteri. 

Jenis tanaman hias indoor dengan harga tanaman yang murah dan terjangkau yang bisa mengurangi polusi yaitu:

  • Sanseviera atau yang lebih dikenal dengan nama lidah mertua. Tanaman ini berdasarkan pada penelitian NASA menunjukkan jika kandungan pregnan glokosid adalah bahan aktif untuk mengurangi pulutan menjadi asam organik, gula dan asam amino. Lidah mertua juga bisa menyerap radiasi peralatan elektronik di ruangan.
  • Aloe vera atau lidah buaya yang dapat menyerap bahan kimia seperti formalin dan menetralisir racun benzena.
  • Devil’s ivi/golden pothos/sirih gading yang bisa menyerap racun berbagai polutan udara.
See also  Mainan Hoverboard yang Melatih Keseimbangan Tubuh

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More