Home Tanaman Jenis Tanaman Aquascape Bagi Pemula

Jenis Tanaman Aquascape Bagi Pemula

by Caswitin
tanaman aquascape

Tanaman aquascape merupakan salah satu seni merancang, menata, dan mengatur tanaman air, bebatuan, dan kayu di dalam sebuah akuarium. Bisa dikatakan tanaman aquascape, taman mini yang hidup di air dalam akuarium. Dalam membuat tanaman aquascape, banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan dan dperhatikan. Misalnya gaya tanaman aquascape, elemen hardscape (batu, karang, dan koral), akuarium dan layout-nya, serta berbagai aspek lainnya yang akan anda gunakan.

Seperti halnya tanaman hias yang tumbuh di darat, tanaman aquascape membutuhkan CO2 sebagai proses fotosintesis. Tanpa CO2, tanaman tanaman aquascape tidak akan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. walaupun ada beberapa yang bisa tumbuh tanpa CO2. Namun, tanaman-tanaman tersebut membutuhkan keseimbangan akuarium yang lebih rumit, dan perawatannya khusus.

Tanaman aquascape salah satu hobi populer yang sedang gemari masyarakat di beberapa tahun terakhir. Tampilan tanaman aquascape yang mempesona, menakjubkan, dan menghipnotis bisa menyempurnakan keindahan ruangan di rumah anda. Jika anda tertarik untuk menekuni hobi tanaman hias aquascape ini, ada beberapa jenis tanaman aquascape untuk pemula yang perawatannya mudah. Mulai dari java moss hingga dwarf baby tear, tanaman cocok untuk pemula karena pertumbuhannya yang relatif cepat. Dengan mnikati pemandangan ikan-ikan di balik tanaman hias aquascape dapat memberikan dampak positif untuk menghilangkan kejenuhan, kepenatan, menjernihkan pikiran, dan dapat menghilangkan strees.
Berikut ini ada beberapa tanaman aquascape untuk pemula yang bisa anda coba.

1. Java Moss

Java moss merupakan salah satu jenis tanaman hias aquascape paling umum dan populer . Karakteristik java moss yaitu tanaman tangguh yang tidak mudah mati dan bisa tumbuh ideal di air bersuhu 21-24 derajat celsius. Tanaman ini sangat cocok dan ideal untuk pemula karena tidak memerlukan pencahayaan khusus. Java moss tidak membutuhkan CO2 Tampilan dan warnanya mirip rumput laut, hijau dan memanjang. Jika sudah tumbuh lebat biasanya dijadikan sebagai tempat berlindung ikan kecil. Hal lain yang menjadi kelebihan java moss adalah kemampuannya beradaptasi di berbagai kualitas cahaya.

READ  Manfaat Dan Kriteria Tanaman Hias Di Dalam Ruangan

2. Hygrophila Difformis

Nama lain hygrophila difformis adalah water wisteria. Tanaman ini bisa tumbuh dalam suhu 23-28 derajat Celsius. Hanya dengan pencahayaan yang sedang, anda sudah bisa merawat tanaman ini dengan mudah tanpa bantuan CO2.

3. Lilaeopsis

Lilaeopsis adalah tanaman yang cocok dijadikan alas (karpet) akuarium karena memiliki bentuk mirip seperti rumput. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 5 cm, sehingga kamu harus sering melakukan pemangkasan secara rutin. Perawatannya juga begitu mudah, sehingga tanaman aquascape ini cocok untuk pemula.

4. Peacock Moss

Tanaman peacock moss merupakan salah satu jenis tanaman aquascape yang tidak memerlukan CO2. Karakter daunnya agak lebar dan mudah menyebar, berwarna hijau dengan ranting bercabang seperti ekor merak.

5. Chritsmas Moss

Christmas moss juga salah satu tanaman aquascape yang dapat hidup tanpa perlu CO2 dan bisa tumbuh lebat tanpa memerlukan cahaya berlebihan. Apabila dilihat dari segi bentuk agak mirip peacook moss, namun ukurannya saja yang lebih kecil dan tumbuh kembangnya tidak teratur.

6. Air Lilaeopsis

Air lilaeopsis merupakan jenis tanaman aquascape yang masuk dalam keluarga rizome yang bisa anda gunakan backgorund akuarium. Bentuknya mirip dengan kebanyakan rumput yang tumbuh di lingkungan kita. Bedanya, air lilaeopsis bisa tumbuh dengan cepat dalam aquarium bahkan menyebar dengan tinggi mencapai 5 cm. anda harus sering merawat dan mengecek untuk sesekali memangkasnya.

7. Anubias

Seperti halnya air lilaeopsis, anubias juga masuk dalam golongan rizome. Tanaman ini cukup mudah untuk dirawat sehingga cocok untuk pemula. Tanpa CO2 pun anubias bisa hidup dan tumbuh sampai 15 cm. karakteristiknya mempunyai warna hijau gelap. Pertumbuhan anubias sangat cepat dan dapat hidup dalam kondisi air dengan suhu terendah sekalipun. Anubias dapat anda dapatkan di sawah, sungai atau waduk.

READ  Bisnis Tanaman Hias Palsu yang Cocok untuk Perkantoran

8. Cambomba Caroliniana

Cambomba caraloniana saslah satu jenis tanaman aquascape yang bisa hidup dengan baik tanpa bantuan CO2 dan bisa hidup dalam suhu air 15 derajat. Pertumbuhan cambomba caraloniana sangat cepat. Walaupun hanya menggunakan cahaya sedang.

9. Bacopa Monnieri

Bacopa monnieri memiliki nama ilmiah Dwarf Bacopa, Moneywort atau Water Hyssop. Jenis tanaman aquascape ini mudah andatemukan di sawah, sungai atau waduk, maupun di pinggiran kolam kolam kecil. Perawatannya tidaklah sulit, dengan menggunakan cahaya sedang dan kebutuhan CO2 yang sedang tanaman ini dapat hidup. Habitat asli bacopa monnieri sering

10. Egeria Densa

Egeria densa termasuk tanaman yang sangat mudah sekali didapatkan dan dirawat. Bahkan mungkin juga terdapat di belakang rumah anda, pinggiran sungai, dan kebun. Awalnya, egeria densa pertama kali ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Namun sekarang sudah banyak ditemukan di Indonesia sekalipun di pelosok desa. Egeria densa mampu menyerap nutrisi yang berlebihan dalam air, sehingga membuat kondisi air tetap stabil, normal dan ikan ikanpun hidup sehat dan nyaman.

11. Hydrocotyle

Hydrocotyle termasuk tanaman yang tumbuh liar di Indonesia, sering dijumpai di area sungai, danau dan rawa. Karakteristik hydrocotyle memiliki daun bulat seperti ginjal dan terdapat belahan pada tepi daunnya. Namun belahan pada tepi tersebut tidak semua sama, tergantung jenis hydrocotyle itu sendiri.

Itulah beberapa jenis tanaman aquascape yang cocok untuk pemula. Sebenarnya masih banyak lagi jenis tanaman aquascape lain yang dapat anda cari. Pilihlah tanaman yang mudah dirawat terlebih dahulu. Meskipun tanpa bantuan CO2 beberapa tanaman di atas dapat umbuh, anda harus tetap menjaga kebersihan akuarium dan merawat tanaman aquascape dengan baik. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat. Terma kasih.

READ  3 Cara Bertanam Hidroponik Bagi Pemula

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More