Home Aneka Hobi Jenis Sepeda Gunung

Jenis Sepeda Gunung

by Beverley Kennedy

Menikmati alam dari ketinggian sambil bersantai tentunya akan membuat nyaman dan tenang. Untuk mencapai tempat tersebut, rekan-rekan bisa menggunakan mode transportasi yang akan memudahkan selain berjalan kaki, misalnya sepeda. Dengan menggunakan sepeda tentu perjalanan turun akan lebih cepat. Namun, memang tidak semua jalur pendakian bisa di lalui dengan menggunakan sepeda. Jenis sepeda gunung yang diperlukan pun bervariasi tergantung dari medan yang akan dilalui. Bagi sebagian penggiat alam yang menyenangi suasana dari ketinggian dan sedang ingin mencoba pengalaman baru dengan menggunakan sepeda gunung, maka ulasan di bawah ini tentunya akan menarik untuk dibaca.

Masyarakat tentu mengenal sepeda, salah satu moda transportasi yang ramah lingkungan. Dengan bersepeda, selain mendapatkan kesempatan untuk berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, masyarakat pun sudah membantu untuk mengurangi polusi yang kian hari kian bertambah dan memburuk, terutama di kota-kota besar yang sarat dengan perindustrian. Dengan mengetahui jenis sepeda yang akan digunakan, tentunya masyarakat akan lebih memahami sepeda mana yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis sepeda gunung yang dikenal secara umum di masyarakat adalah sebagai berikut:

  • Sepeda Mountain Bike atau sepeda gunung

Jenis sepeda ini umum diketahui oleh masyarkat, sebagian dari mereka bahkan bisa menyebutkan jenis sepeda ini dengan nama merek seperti Federal, Senator, Polygon, atau United karena dulu merek-merek tersebut memang sudah dikenal secara umum di masyarakat. Sepeda jenis ini cocok untuk digunakan di jalan tanah, berpasir, aspal dan lain-lain.

  • Sepeda Lipat atau Folding

Komunitas Bike to Work sudah terkenal karena kampanyekan menggunakan sepeda untuk pergi ke bekerja. Kampanye ini banyak mendapat dukungan dari masyarakat yang sadar lingkungan. Pun darimereka yang menyadari bahwa kesehatan adalah hal penting dan dengan menggunakan

  • Sepeda Roadbike atau Sepeda Balap

Sepeda jenis ini adalah sepeda yang digunakan untuk balap, memiliki standar internasional mengenai ukuran rangka dan ban. Bagi mereka yang menginginkan kecepatan dalam bersepeda cocok untuk membeli jenis sepeda ini.

  • Sepeda Hybrid

Jenis gabungan sepeda balap dan sepeda gunung, tampil gagah dengan rangka yang kuat dan ringan. Ukuran rangka dan ban yang sama dengan sepeda balap namun jenis ban yang digunakan adalah ban untuk sepeda gunung.

  • Sepeda Touring

Sesuai dengan namanya, sepeda ini dikhususkan untuk perjalana  jarak jauh. Biasanya terdapat akesoris tambahan yang ditambahkan pada sepeda ini seperti rack pannier atau tas sehingga mampu membawa beban yang banyak untuk keperluan di perjalanan.

Untuk sepeda gunung (MTB) terbagi lagi menjadi bebeberapa jenis, berdasarkan fungsinya:

  • Tipe all mountain MTB, tipe ini mempunyai dua suspensi, depan dan belakang. Sehingga sepeda ini mampu melewati berbagai medan, baik itu medan berpasir maupun medan berbatu dan juga mantap untuk digunakan untuk di jalan beraspal seperti sebagian kota-kota besar.
  • Tipe Downhill MTB, biasanya digunakan untuk menuruni bukit yang berbatu dan penuh lumpur. Namun tidak melulu menuruni bukit (downhill) dilakukan di bukit yang terletak di hutan, beberapa kejuaraan dilakukan di daerah perkotaan yang memang memiliki morfologi lanskap berbukit seperti kejuaran di Rio De Janeiro, Brazil. Sepeda jenis ini memiliki rangka yang kuat dan ban cukup besar sehingga kurang cocok untuk di gunakan di daerah perkotaan.
  • Tipe Freeride, cocok untuk para pecinta olahraga ekstrim yang menyukai tantangan dan lompatan-lompatan yang tinggi. Pada dasarnya pengguna sepeda ini adalah mereka yang kurang menyukai aturan, jenis freeride adalah jenis sepeda yang membuat penggunannya bebas melakukan apapun ketika sedang berkendara diatas sepedanya.
  • Tipe Cross Country, juga dikenal dengan tipe XC, cocok digunakan untuk menjelajah dengan jarak jauh yang dilengkapi dengan suspensi di garpu depan sehingga mampu melaju di tanjakan dan juga mumpuni ketika di jalan menurun.

Demikian beberapa jenis sepeda yang biasa di jual di masyarakat, sesuai dengan penggunaan dan fungsinya masing-masing. Semoga para pembaca menyukai ulasan mengenai jenis-jenis sepeda di atas.

READ  Faktor yang Mempengaruhi Harga Skateboard

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More