Home Tips Jenis Kucing Persia

Jenis Kucing Persia

by Beverley Kennedy
Jenis Kucing Persia

Anda suka kucing Persia? Wajar jika iya. Karena memang kucing ini mempunyai fisik yang menggemaskan. Dan memang kucing ini termasuk kucing yang banyak penggemarnya. Tapi meskipun banyak penggemarnya, tidak banyak yang tahu bahwa kucing ini mempunyai  beberapa varian atau jenis. Dari tiap jenis kucing Persia ini tentu saja memiliki karakter berbeda – beda.

Jenis  Kucing Persia

Pada umumnya kucing Persia mempunyai ciri atau karakter tertentu yang menjadi identitas. Berhidung pesek, bulu banyak dan badan gemuk membulat. Itulah gambaran umum kucing Persia. Kucing ini kemudian berkembang sehingga memunculkan varian – varian atau jenis yang merupakan turunan dari kucing asli atau ras murninya.

Anda yang sudah lama menggeluti hobi kucing Persia mungkin sudah tidak asing lagi dengan varian atau jenis dari kucing ini. Nah, khusus buat anda yang memang belum mengetahuinya, simak gambaran singkat pengjelasannya di bawah ini :

  • Ras murni atau tradisional

Sesuai dengan namanya, jenis ini memang ras asli. Bisa dikatakan masih sesuai dengan nenek moyang dari kucing tersebut. Jadi masih peranakan dari kucing jantan asli dengan kucing betina asli. Untuk membedakannya dengan jenis lain adalah dari tampilannya yang memang sangat mirip dengan boneka kucing. Saking miripnya makanya tidak heran bila disebut Persian Doll Face.

  • Peaknose

Ini adalah termasuk jenis yang paling populer atau paling banyak digemari. Ciri atau karakter dari jenis ini adalah hidungnya yang sangat pesek. Dan uniknya, semakin pesek justru harganya semakin mahal. Mungkin memang karena secara tampilan semakin pesek, semakin lucu dilihat. Ciri lainnya dari jenis ini adalah tubuhnya yang lebih membulat dengan karakter yang lebih tenang.

  • Flatnose

Nah ini juga memiliki hidung pesek dibanding yang lain. Walaupun memang tidak sepesek feaknose. Ciri khasnya adalah pada bentuk kepalanya yang terlihat lebih kotak tidak bulat seperti yang lainnya. Telingannya lebih runcing dan kecil. Untuk bentuk tubuh juga, jenis ini lebih gemuk dari yang lainnya.

  • Smoke

Jenis Persia yang satu ini mempunyai  kemiripan dengan ras tradisional. Ada 2 hal yang menjadi ciri khas dari kucing ini. Yang pertama adalah adalah 50 – 80 persen  warna bulunya yang lebih solid yaitu warna biru, merah, hitam dan krem. Sisanya adalah warna smoke.

Ciri kedua adalah pada matanya yaitu berwarna tembaga yang indah.

  • Himalayan

Ini merupakan hasil persilangan antara Persia dengan Saimese. Ciri khasnya adalah tubuh Persia dengan bulu Siamese.

  • Exotic shorthair

Jenis ini sering juga disebut dengan Persia American Shorthair karena memang hasil persilangan  Persia dengan kucing lokal. Tubuhnya Persia dengan bulu khas kucing lokal. Jenis ini terkesan lebih galak dan temperamental.

See also  Mengenal Lebih dalam Olahraga Panjat Tebing

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More