Home Aneka Hobi Jenis-jenis Ikan Hias Untuk Aquascape yang Indah

Jenis-jenis Ikan Hias Untuk Aquascape yang Indah

by Caswitin
ikan hias aquascape

Ikan hias aquascape merupakan beberapa jenis ikan yang berhabitat di air tawar maupun di laut yang dapat dipelihara di dalam akuraium dengan tujuan memperindah ruang tamu. Kemajuan teknologi jaman sekarang memungkinkan orang menikmati panorama-panorama air laut di dalam ruangan kecil (akuarium). Kehadiran ikan hias aquascape di dalam rumah bisa menjadi salah satu opsi penghilang kepenatan dan strees karena dianggap sebagai alternatif hiburan di tengah rutinitas padat.

Aquascape adalah salah satu seni tanam menanam yang dilakukan di dalam air (akuarium). Untuk mempercantik aquascape biasanya para penghobi memasukan ikan hias ke dalam aquascape. Ikan-ikan hias aquascape ini dipelihara untuk kesenangan, oleh karena itu bentuk, warna, ukuran, keserasian, dan kebiasaannya benar-benar harus diperhatikan agar nyaman seperti hidup dalam habitat aslinya. Ada beberapa ikan hias aquascape yang tidak cocok dengan kondisi aquascape dikarenakan air aquascape cenderung bersuhu rendah. Untuk itu, perlu anda hindari pemeliharan ikan hias aquascape yang dapat merusak atau memakan tumbuhan yang ada di dalam akurium anda.

Jenis ikan aquascape yang cocok untuk akuarium ialah ikan-ikan yang berukuran kecil karena pada dasarnya aquascape diperuntukan untuk ikan-ikan kecil agar enak ketika dipandang. Jika ikan yang anda gunakan berukuran besar, tentu tidak dapat berenang dengan bebas dan dapat merusak tanaman. Berikut ini ada beberapa jenis ikan hias aquascape yang indah, antara lain:

ikan hias aquascape

ikan hias aquascape

1. Ember Tetra

Ikan ember tetra merupakan salah satu ikan hias aquascape jenis yang sudah banyak dikenal dan popular dikalangan penghobi ikan hias. Ember tetra dikenal sebagai salah satu ikan aquascape yang kuat. Ember tetra memiliki bentuk tubuh yang mungil berwarna orange cerah dan bisa hidup bersama dengan jenis ikan lainnya, sehingga dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk aquascape. Ember tetra dapat mempercantik aquascape anda, jika digabungkan dengan jenis ikan lainnya yang berbeda warna. Sehingga mampu menghias aquascape anda dengan beraneka ragam warna ikan. Pemeliharaannya juga sangat mudah karena mampu beradaptasi dengan cepat di lingkungan baru.

READ  Berikut 4 Ciri Ikan Hias yang Sehat dan Bisa Dipinang

2. Cardinal Tetra

Ikan cardinal tetra memiliki tubuh yang mini serta memiliki warna cantik yaitu dengan garis warna biru, merah, dan kuning. Cardinal tetra suka bergerombol dengan koloninya, maka anda bisa memelihara banyak cardinal tetra yang tentunya harus disesuaikan dengan ukuran akuriumnya. Seperti halnya ember tetra, cardinal tetra juga terkenal sebagai salah satu ikan aquascape yang kuat. Dalam memeliharanya juga mudah kareana mudah beradabtasi di habitat yang baru dan dapat berbaur dengan ikan hias lainnya.

3. Neon Tetra

Neon tetra atau semua jenis ikan tetra adalah ikan ukuran kecil yang cocok untuk aquascape karena ikan tetra merupakan ikan yang berenang secara bersama-sama. Neon tetra masih satu keluarga dengan ikan cardinal tetra karena memiliki kemiripan bentuk yang hampir sama. Perbedaanya adalah warna merah dari ekor hanya sampai di perut dan juga warna biru mengkilapnya tidak sampai menyelimuti seluruh bagian. Neon tetra juga terkenal sebagai salah satu ikan aquascape yang kuat karena bisa digabung dengan jenis ikan tetra lainnya, atau ikan lain dengan ukuran tubuh yang sama-sama kecil.

4. Harlequin Tetra

Harlequin tetra memiliki warna orange di bagian atas tubuhnya dari kelapa hingga ekor yang didominasi warna silver dengan corak hitam di kedua sisinya. untuk peliharaan ikan herlequin tetra yang perlu anda perhatikan adalah selalu menjaga kebersihan air di dalam akuarium.

5. Mosquito Rasbora

Mosquito rasbora memilki tubuh yang kecil namun memiliki warna yang mencolok sehingga cocok untuk mengisi aquascape akuarium anda. Agar terlihat lebih mempesona, isilah dengan banyak mosquito rasbora karena hidupnya senang bergerombol. Namun mosquito rasbora juga memiliki karena memiliki sifat pemalu, anda bisa membuat aquascape dengan satu jenis ikan ini minimal dengan jumlah 6 ekor.

ikan hias aquascape

ikan hias aquascape

6. Raibow Fish

Rainbow fish merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari perairan Indonesia, tepatnya di danau Ayamaru Papua Barat. Rainbow fish memiliki warna indah dengan ukuran maksimal 10 centimeter. Ikan hias aquascape satuini ini memiliki warna alami rainbow yang cerah. Rainbow fish menyukai kadar air yang pH nya rendah dan hidupnya juga suka berkelompok. Harga rainbow fish lebih mahal dari pada ikan hias aquascape lainnya karena banyak orang yang mencari.

READ  Tips Memilih Buku Anak Berkualitas Untuk Buah Hati

7. Angel Fish

Angel fish juga merupakan ikan favorit bagi para penghobi ikan hias. Angel fish memiliki bentuk yang cantik dan memiliki warna menocolok dapat yang mempercantik tampilan aquascape di akuarium anda. Namun ikan ini lumayan sensitif, jadi untuk memeliharanya harus dijaga kualitas airnya, untuk itu anda dapat memanfaatkan solenoid untuk mengatur CO2.

8. Guppy

Ikan guppy merupakan salah satu ikan yang sangat populer dikalangan penghobi ikan hias. Guppy memiliki tubuh yang kecil dengan corak warna ekor yang indah dengan berbagai warna. Perawatan ikan guppy sangat mudah dan bisa digabung dengan jenis lainnya. Untuk harga ikan guppy sangat murah, mulai dari yang murah 3.000 an hingga sepuluh ribuan. Namuan ada juga yang harganya di atas 100 ribuan. harga ini ditentukan oleh jenis guppy dan tingkat keindahan corak warnanya.

9. Discus

Ikan discus mempunyai corak warna-warni sehingga terlihat mempesona dan anggun jika dipelihara di akuarium anda. Discus cocok untuk dijadikan ikan hias aquascape karena menyukai air dengan kadar pH nya rendah. Ikan dicus bisa tumbuh besar, sehingga anda harus memperhatikan akuariumnya. Ikan discus juga bisa hidup bersama dengan ikan seperti ikan tetra, guppy dan ikan yang bersifat damai lainnya, makanya ikan ini juga sebagai salah satu ikan hias aquascape yang kuat. Ikan discus tidak cocok dipelihara dengan kondisi air terlalu dingin karena ikan discus rentan rewel dan sensitif dengan parameter air. Untuk itu, anda harung sering memperhatikan kondisi air di dalam akuarium.

ikan hias aquascape

ikan hias aquascape

10. Botia

Ikan botia merupakan jenis ikan nokturnal yang bisa juga dipelihara bersama ikan lainnya di akuarium. Botia suka mencari makanan di dasar ini cocok untuk mempercantik aquascape anda karena menyukai tanaman akuatik yang berada di dasar akuarium. Pemeliharanya juga cukup mudah, anada perlu menyiapkan tempat persebunyian seperti bebatuan yang berbentuk gua atau terowongan.

READ  Manfaat Bermain Piano Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

11. Platty

Ikan platty biasa disebut ikan molly karena mempunyai bentuk yang lucu dan kecil. Ikan ini memiliki berbagai macam jenis dan warna seperti merah, kuning, putih, hitam dan juga marble, sehingga ikan ini merupakan salah satu ikan terbaik yang sangat cocok bila anda pelihara di akuarium aquascape.

12. Otocinclus Affinis

Ikan otocinclus affinis dapat dipelihara di akurium aquascape dan berfungsi sebagai pemakan lumut sebagai pembersih di akuarium aquascape anda. Untuk itu, jangan mengunakan ikan sapu-sapu untuk mencari algae eater untuk aquarium aquascape janganlah menggunakan ikan sapu-sapu tapi gunakanlah ikan otocinclus affinis ini.

Tidak semua jenis ikan hias bisa hidup berdampingan dengan ikan lainnya atau dengan aquascape itu sendiri karena dalam pemeliharaan ikan untuk aquascape tidak boleh sembarangan. Jadi anda harus menentukan ikan yang mempunyai sifat damai, berkelompok, dan bisa digabung dengan jenis lain. Selain itu, anda bisa menambah makhluk hidup lainya seperti udang, keong, dan lain sebagainya untuk menambah kesan estetis aquascape.

Itulah 12 jenis ikan hias aquascape yang bisa anda pelihara di akuarium. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More