Home Tips Jenis-jenis Ikan Cupang di Indonesia

Jenis-jenis Ikan Cupang di Indonesia

by Beverley Kennedy
Jenis-jenis Ikan Cupang di Indonesia

Ikan Cupang – Ikan cupang ini termasuk ke dalam salah satu ikan yang terdapat di Indonesia dan Asia Tenggara dan termasuk ke dalam salah satu ikan air tawar. Ikan ini termasuk ke dalam jenis ika yang agresif karena kelincahannya untuk mempertahankan habitatnya atau wilayahnya. Biasanya ikan cupang ini dipelihara karena mempunyai bentuk yang unik dan memiliki warna yang indah dan cerah, namun ada beberapa ikan ini yang memiliki warna yang cenderung gelap.

Jenis-jenis Ikan Cupang di Indonesia

Ikan cupang memiliki beberapa jenis yang hidup di Indonesia, antara lain:

  1. Cupang hias. Ikan ini biasanya dipelihara karena keindahannya. Dan biasanya di taruh di dalam aquarium kaca yang memamerkan keindahan ekor dan sirip-siripnya dan bentuk ekornya itu sendiri. Cupang hias ini biasanya di jual dengan harga rata-rata 350000 rupiah tergantung dari ikannya dan penjualnya.
  2. Cupang aduan atau petarung. Cupang ini sifatnya jauh lebih ganas dibandingkan dengan cupang hias. Jauh lebih agresif dan memiliki ciri lain dari bentuk tubuhnya. Cupang aduan ini dipelihara untuk di adu dengan cupang aduan lainnya. Bentuk tubuhnya lebih ramping tetapi kekar dan ciri-ciri ini adalah ciri utama dari cupang aduan. Cupang aduan biasanya melakukan aduan menggunakan mulutnya, sehingga ciri lain dari cupang aduan ialah bentuk mulutnya seperi ikan arwana, semakin tebal bentuk mulutnya, semakin kuat mereka melakukan aduan. Harga cupang aduan tergantung dari jenisnya. Mulai dari harga 150000 rupiah hingga 450000 rupiah.

Bentuknya yang kecil namun kuat ialah ciri-ciri utama dari cuapng aduan. Untuk cupang hias, memiliki bentuk ekor yang besar dan lebar dengan warna-warna yang cerah dan indah, ada juga yang memiliki warna gelap. Bentuk dari ikan cupang ini kecil dan bergantung dari jenisnya. Ada ikan yang memiliki bentuk ekor yang kecil adapula yang memliki bentuk ekor yang besar. Bahkan ada juga cupang hias yang memiliki bentuk ekor yang jauh lebih lebar dan besar dibandingkan dengan bentuk dan ukuran tubuhnya. Bentuk ekornya pun juga berbeda, mulai dari kecil hingga berumbai-rumbai.

Ikan cupang ini bahkan ada yang berkualitas ekspor, tentunya memiliki harga hingga jutaan rupiah. Biasanya cupang yang berharga mahal ini adalah cupang hias, karena memiliki ekor yang indah. Jenisnya pun tergantung dari ekornya tersebut. Namun tidak semua cupang yang harganya mahal dari ekornya, namun dari segi warna bentuk ekor dan siripnya. Untuk pengembangbiakannya pun tidak sembarangan. Ada beberapa metode yang diterapkan untuk mengembangkanya. Ada juga untuk perawarannya, dengan beberapa metode yang diterapkan. Namun, mengingat ikan cupang ini berasal dari rawa, maka dalam kondisi ekstrim seperti pada aquarium tidak ada aerator, ikan cupang itu masih bisa bertahan hidup.

READ  Tips Mudah Belajar Fotografi untuk Para Pemula

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More