Home Aneka Hobi Jenis Alat Musik Tertua yang Pernah Ditemukan di Dunia  

Jenis Alat Musik Tertua yang Pernah Ditemukan di Dunia  

by Beverley Kennedy
Jenis Alat Musik Tertua yang Pernah Ditemukan di Dunia  

Musik menjadi salah satu hiburan yang hingga kini menjadi pilihan bagi semua orang untuk meredakan stress ataupun kebutuhan yang lainnya. Untuk membuat musik, maka dibutuhkan alat yang bisa mengeluarkan nada dan dimainkan sehingga menjadi suara yang indah. Alat yang dipergunakan tersebut bisa dimainkan dengan beragam jenis cara misalnya dipetik, ditiup, dipukul, dibetot ataupun dipencet. Dari sekian banyak jenis alat musik yang ada saat ini, beberapa diantaranya merupakan yang tertua yang pernah ditemukan.

 Jenis Alat Musik Tertua yang Pernah Ditemukan di Dunia  

Pertama adalah seruling. Jenis seruling yang tertua di dunia ini terbuat dari patahan tulang yang ditemukan oleh ahli seorang arkeolog yang bernama Ivan Turk. Di bulan Juli 1995 di barat laut Slovenia, Ivan menemukan tulang yang sudah dipahat yang memiliki 4 lubang dan disebut dengan divje babe. Seorang musisi yang berasal dari Kanada yang bernama Bob Fink meyakini jika lubang tersebut dimainkan agar bisa menghasilkan 4 nada yang ada di tangga nada. Para peneliti yang meneliti seruling tersebut mengemukakan jika seruling tersebut sudah berusia lebih dari 67.000 tahun dan termasuk sebagai alat untuk bermusik yang berasal dari budaya Neanderthal.

 

Kedua adalah terompet yang terbuat dari gading mamut. Ada yang menyebutkan jika alat ini adalah flute. Sedangkan mamut merupakan binatang yang termasuk sebagai spesies gajah dan memiliki gading yang sangat besar. Alat musik ini awalnya ditemukan oleh arkeolog dari Jerman dan diperkirakan usianya sudah lebih dari 43.400 tahun. Terompet yang ditemukan sejumlah 31 buah di Gua Geibenklosterle yang berada di Jerman tepatnya di dalam gunung dekat Ulm di bagan selatan Jerman. Terompet tersebut terbuat dari bagian lekukan gading mamut yang kemudian dibelah dan dibuat 3 buah lubang untuk 1 jari dan 1 lubang tersebut diikat dan ditempel dengan lapisan yang kedap udara.

Baca Juga : Berikut 4 Jenis Alat Musik yang Mudah Dipelajari

Berdasarkan pada penelitian dengan prof Tom Highan yang berasal dari Oxford University sebagai ketua pimpinannya menyebutkan jika usia dari flute tersebut tidak jauh berbeda dengan usia dari tulang belulang yang ditemukan di Jerman tepatnya di kawasan gua Geissenkloesterle, Swabian. Selain itu, peneliti dari Universitas Tuebingen yaitu Prof Nick Conard menyebutkan jika kemungkinan alat tersebut dipergunakan sebagai sarana upacara keagamaan ataupun sarana hiburan.

 

Ketiga adalah genderang yang terbuat dari kulit gajah. Alat ini ditemukan sekitar 30.000 tahun yang lalu dan kala itu, manusia memang menggunakan kulit binatang yang ditarik agar bisa menciptakan suara. Keempat adalah seruling yang berasal dari bambu. Mungkin ini yang menjadi ‘ibu’ dari seruling bambu yang ada saat ini. Alat musik ini diperkirakan usianya sudah lebih dari 30.000 tahun dan dimainkan dengan cara ditiup.

 

See also  Seputar Sejarah Singkat Mainan Lego

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More