Home Hobi Kenalan dengan Jason Ranti! Idola Baru Pecinta Musik Indie

Kenalan dengan Jason Ranti! Idola Baru Pecinta Musik Indie

by Erin Nuzulia
jason ranti

 

Nama Jason Ranti mungkin masih asing bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Jason Ranti atau yang akrab disapa Jeje adalah seorang pemusik yang memang masih terhitung baru di kancah permusikan Tanah Air. Pria kelahiran tahun 1984 ini mulai dikenal oleh publik di sekitar tahun 2017 saat mengeluarkan album pertamanya yakni “Pergaulan Blues”. Tidak butuh waktu lama bagi Jeje untuk mendapat penggemar dari penikmat lagu indie dan Folk.

Bahkan, Jeje dipercaya untuk menjadi pemeran Pidi Baiq dalam film musikal ‘Koboy Kampus’. Film tersebut menceritakan masa ketika Pidi Baiq menimba ilmu di salah satu perguruan tinggi terkenal di kota Bandung. Di film tersebut, Jason Ranti beradu akting dengan beberapa selebritas terkenal seperti misalnya Ricky Harun, Miqdad Auddasy dan masih banyak lagi.

jason ranti

Kenalan dengan Jason Ranti! Idola Baru Pecinta Musik Indie

Perjalanan Karier

Jangan berpikir kalau Jason Ranti memang dari awal telah berkarier di dunia musik. Sebelumnya, Jeje yang merupakan lulusan Psikologi ini bekerja sebagai pegawai kantoran. Yang menarik, Jeje bahkan pernah keluar kerja dari sebuah bank dan memilih menjadi kasir sebuah restoran Jepang. Kemudian Jeje bertemu kawannya semasa SMP yang kemudian menjadi istrinya. Diketahui bahwa istrinya berprofesi sebagai dokter. Istrinya lalu menyarankan Jeje mengajar les murid SD dan SMP. Dari sanalah, Jeje mendapatkan dana untuk rekaman pertamanya.

Untuk karier musiknya sendiri, Jeje memulainya dengan bergabung dengan band bernama ‘Starway to Zinna’ sebagai gitaris. Dengan band tersebut, Jeje juga pernah merilis album berjudul ‘Asisi’ di tahun 2012 dan juga album kompilasi ‘Karol’s Trip to Zinna’ di tahun 2013 dengan beberapa band lain. Seiring berjalannya waktu, personel band memiliki kesibukan sendiri. Hal ini akhirnya membuat Jeje memutuskan untuk bersolo karier. Tujuan utama Jason Ranti berkarier di dunia musik sebenarnya sederhana, yakni ingin hidupnya lebih bermanfaat untuk orang lain.

READ  4 Jenis Tanaman Hias Gantung Tahan Panas Populer

jason ranti

Album Musik

Album pertamanya dirilis dengan bantuan seorang produser yang bernama Junior Soemantri. Jeje dan Junior pun menggarap rekaman album ‘Akibat Pergaulan Blues’. Pertemuan keduanya dimulai di Earhouse milik musisi Endah N Rhesa. Album garapan Junior Soemantri itu akhirnya rilis di pertengahan tahun 2017 di bawah naungan label musik Demajors. Album tersebut berisikan 11 lagu yang diciptakan oleh Jason Ranti sendiri.

Pada tahun 2019, rumah produksi Sinema Pinggiran tertarik untuk membuat film dokumenter tentang perjalanan musik Jason Ranti. Film dokumenter ini bertajuk ‘ Sesudah Pergaulan Blues’ sesuai dengan judul albumnya. Istri dan anak Jeje mengambil peran juga dalam film tersebut. Film ini lah yang menjembatani Jeje untuk menuju album keduanya.

Album selanjutnya bertajuk ‘Sekilas Info’ yang dirilis pada pertengahan Mei 2019. Album tersebut berisikan 12 lagu. Inspirasi lagu lagi tersebut berasal dari Ibu Soed dan Kasino Warkop. Uniknya, proses perekaman lagu tersebut dilakukan selama tour dan pagelaran musik selama  2 tahun terakhir di mana pun sekali pun tempat yang aneh seperti kamar mandir sebuah hotel. Album ini kembali bekerja sama dengan label musik pertamanya yakni Demajors.

Akting

Jason Ranti juga kini telah merambah dunia akting. Terakhir, Jeje memerankan sosok muda Pidi Baiq di film musikal ‘Koboy Kampus’. Meski awalnya merasa kesulitan, namun akhirnya Jeje pun bisa memerankan perannya di film ini dengan baik. Tentunya Jeje memerlukan riset mendalam untuk memerankan sosok Pidi Baiq tersebut. Untuk mengetahui profil Jason Ranti lebih detail, baca lebih lanjut di sini.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More