Home Tips Intip 5 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Fisik dan Mental Berikut yang Belum Banyak Diketahui

Intip 5 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Fisik dan Mental Berikut yang Belum Banyak Diketahui

by Beverley Kennedy

Olahraga merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan oleh setiap orang agar memiliki tubuh yang sehat dan jauh dari segala jenis gangguan kesehatan atau penyakit berbahaya. Selain menyehatkan, olahraga juga telah terbukti dapat membuat seseorang terlihat awet muda dan selalu tampil fresh. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur minimal seminggu sekali. Jika Anda termasuk salah satu orang yang sangat sibuk baik dengan urusan luar rumah maupun justru karena mengurus rumah tangga, maka berkebun dapat menjadi salah satu solusi olahraga yang tepat.

Intip 5 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Fisik dan Mental Berikut yang Belum Banyak Diketahui 

Karena setiap rumah sudah pasti memiliki ladang hijau atau pekarangan, maka Anda dapat memanfaatkan area tersebut sebagai ajang olahraga yang menyehatkan dan tidak membutuhkan skill atau ketrampilan khusus. Bahkan, selain dapat mempercantik kebun Anda, kegiatan tersebut sebenarnya juga memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan fisik dan mental yang belum banyak diketahui, antara lain:

  1. Karena Anda nantinya akan banyak melakukan gerakan, maka hal tersebut secara otomatis akan membakar kalori didalam tubuh. Sehingga aktivitas yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang sedang dalam program diet.
  2. Meskipun tidak termasuk dalam aktifitas kardio, namun perlu Anda ketahui bahwa kegiatan berkebun sudah terbukti ampuh untuk menurunkan dan mencegah resiko penyakit jantung sedini mungkin.
  3. Tidak hanya sebagai latihan fisik, saat Anda melakukan berbagai kegiatan di ladang, hal tersebut juga akan melatih sistem otak untuk berkonsentrasi sehingga sangat baik untuk kesehatan otak.
  4. Karena hampir semua badan akan bergerak ketika Anda melakukan kegiatan di ladang, maka hal tersebut juga membuat tubuh untuk berlatih berkoordinasi dan sekaligus melatih kekuatan tangan.
  5. Meskipun kegiatan tersebut akan membuat tubuh dan tangan Anda kotor, namun siapa sangka justru dengan bercocok tanam di ladang mampu meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh manusia.

Tidak hanya sebatas menanam tanaman atau tumbuhan saja, ada banyak hal lain yang dapat Anda lakukan di kebun seperti membersihkan atau merapikan area ladang tersebut. Selain menyehatkan, kegiatan ini juga sangat mudah atau bahkan tidak membuat Anda mengeluarkan biaya sepeserpun, sehingga sangat efektif sebagai sarana olahraga murah tanpa efek samping, namun memiliki manfaat atau khasiat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan. 

Itulah ulasan mengenai 5 manfaat berkebun untuk kesehatan fisik dan mental yang belum banyak di ketahui. Karena semua manfaat tersebut sangat baik untuk kesehatan Anda, baik di masa sekarang maupun di masa depan, maka sebaiknya Anda melakukan kegiatan bercocok tanam maupun membersihkan kebun sedini mungkin secara teratur di sela jadwal kesibukan. Namun, selain melakukan kegiatan tersebut, sebaiknya Anda juga selalu mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang serta memperbanyak konsumsi air putih setiap hari.

 

READ  7 Peralatan Berkebun yang Harus Dimiliki Pemula

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More