Home Tips Inilah Tips Agar Mudah dalam Memainkan Harmonika

Inilah Tips Agar Mudah dalam Memainkan Harmonika

by Beverley Kennedy

Bagi para pecinta musik, tentunya akan mengetahui beberapa macam alat musik yang sering dimainkan, terutama di Indonesia. Apalagi ada banyak sekali alat musik yang sering dimainkan agar menghasilkan suara musik yang elegan dan enak untuk didengar. Dan disini akan dibahas mengenai alat musik Harmonika. Adalah alat musik yang berlubang pada bagian depan serta bagian belakang. Alat musik ini juga termasuk alat musik yang bersuara khas.

Untuk yang hobi bermain musik ini pasti memiliki kepuasan tersendiri dalam memainkannya. Agar Anda dapat memainkan alat musik ini secara benar dan tepat, ada beberapa tips yang harus Anda pelajari. Agar Anda dapat menghasilkan suara yang elegan dalam memainkan alat musik ini. Jangan lupa juga disertai dengan latihan khusus, agar Anda benar-benar bisa menguasai tentang alat musik ini.

Tips agar mudah dalam memainkan harmonika.

Alat musik ini memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah tremolo, diatonic, chromatic, dan yang paling besar adalah chord. Untuk pemula, biasanya memakai yang jenis diatonic. Dan berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda pelajari.

  • Posisi dalam memegang.

Dalam memegang alat musik ini tidaklah sembarangan. Pemegangan yang tepat pada alat musik ini adalah dengan cara pangkal jari telunjuk berada disebelah kiri alat, dengan posisi jari telunjuk berada tepat diatas alat ini, dan jari jempol.

  • Meniup.

Untuk alat yang berjenis diatonic, ada 10 lubang yang bentuknya kecil dan berdempetan. Saat meniup alat musik ini, Anda harus bisa meniup 1 lubang dengan tanpa menimbulkan suara pada lubang lainnya. Dalam tehnik meniup ada 2, yaitu tehnik siul dan tehnik lidah.

  • Posisi nada.

Dalam alat musik ini posisi setiap nadanya adalah:

Baca juga di hobibanget.com ada banyak sekali macam-macam alat musik dari mulai tradisional sampai modern.

  • Do berada pada lubang 4 dengan ditiup,
  • Re berada pada lubang 4 dengan dihisap,
  • Mi berada pada lubang 5 dengan ditiup,
  • Fa berada pada lubang 5 dengan dihisap,
  • Sol berada pada lubang 6 dengan ditiup,
  • La berada pada lubang 6 dengan dihisap,
  • Si berada pada lubang 7 dengan dihisap,
  • Dan Do berada pada lubang 7 dengan ditiup.
  • Special effect atau efek spesial.

Menciptakan efek dengan tanpa alat tambahan lainnya. Ada beberapa macam, yaitu vibrato, pitch bending, over bending, dan over blow.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda pelajari dalam memainkan harmonika. Dalam belajar memainkan alat musik memanglah tidak semudah yang Anda bayangkan. Perlu adanya latihan yang sering dilakukan, agar tangan atau bagian yang lainnya terbiasa dengan alat musik yang dimainkan. Apalagi jika ingin tampil di acara-acara besar. Tentunya diperlukan keahlian khusus untuk bisa tampil di acara tersebut. Dan juga harus sudah profesional dalam memainkan alat musik yang akan Anda tampilkan.

READ  Trik Dasar Skateboard yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Pemula

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More