Home Tips Inilah Teknik Fotografi Dasar yang Perlu Dipahami Oleh Pemula

Inilah Teknik Fotografi Dasar yang Perlu Dipahami Oleh Pemula

by Beverley Kennedy
Inilah Teknik Fotografi Dasar yang Perlu Dipahami Oleh Pemula

Kegiatan fotografi merupakan salah satu hobi yang disukai oleh banyak orang. Akan tetapi banyak orang yang kurang menaruh teknik-teknik yang ada pada bidang ini dan hanya menghasilkan foto seadanya. Hal tersebut berbeda dengan pecinta fotografer yang mengerti dan belajar mengenai teknik fotografi sehingga dapat untuk menghasilkan foto artistik dengan komposisi yang tepat. Misalnya saja beberapa teknik dasar yang harus diperhatikan oleh pemula pada bidang fotografi ini adalah sebagai berikut ini: 

Inilah Teknik Fotografi Dasar yang Perlu Dipahami Oleh Pemula

  • Memilih kamera

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk pecinta fotografi adalah dari pilihan kameranya. Penting untuk memilih kamera dan juga mengetahui kemampuan kamera yang digunakan. Sehingga ketika akan belajar mengenai fotografi, para fotografer pemula ini harus mengetahui mengenai jenis-jenis kamera yang cocok dan dipilih, pilihan tombol dan fungsinya, dan berbagai hal lainnya sehingga mendapatkan hasil foto seperti yang diinginkan. Pemula yang hobi fotografi juga bisa untuk memilih kamera yang tepat dan juga pemilihan lensa yang cocok dengan fotografi yang disukai.

  • Mengenal exposure

Teknik fotografi selanjutnya yang harus diketahui oleh pemula adalah mengenal exposure. Eksposur sendiri merupakan bagian dari fotografi yang harus dipelajari terlebih dahulu untuk para fotografer pemula. Dimana ada tiga elemen yang ada pada teknik ini yaitu shutter speed, aperture, dan juga ISO. Anda bisa untuk mencari mengenai pengetahuan ini dengan mudah dan bisa dipelajari dari internet. Dari berbagai video mengenai fotografi dan juga tentunya dengan mengikuti komunitas fotografer yang ada di dekat dengan tempat tinggal. Hal tersebut akan sangat membantu Anda untuk menemukan dan menghasilkan gambar yang bagus.

  • Mengetahui Lensa

Pengetahuan selanjutnya dari belajar fotografi adalah dengan mengetahui pilihan lensa kamera. Lensa DSLR mempunyai banyak pilihan yang menghasilkan efek tertentu. Sehingga ketika akan memilih lensa tersebut harus menyesuaikan dengan foto yang akan dihasilkan. Pengetahuan mengenai jenis lensa ini biasanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti pertama tentunya dengan mengenal jenis-jenis lensa, selanjutnya adalah dengan mengetahui penjelasan kode yang ada pada lensa kamera, memakai fokus yang ada pada lensa, dan juga mengetahui fungsi image stabilization dan juga stabilizer. Sehingga akan menghasilkan gambar dengan komposisi yang tepat.

  • Belajar mengenai komposisi

Dan tips selanjutnya untuk belajar mengenai teknik fotografi adalah dengan belajar menyusun komposisi. Hal ini akan untuk membuat hasil yang didapatkan lebih indah atau estetik menurut kacamata seni fotografi. Dimana untuk belajar mengenai komposisi ini akan sangat menguntungkan yaitu mendukung suasana di foto yang diambil sehingga tampak profesional dan terlihat berbeda dengan gambar yang diambil tanpa teknik foto. Seperti misalnya apabila memperhatikan komposisi maka gambarnya tidak akan samar, blur, dan juga mengambil dari angle yang salah.

See also  Beragam Jenis Makanan untuk Bayi 1 tahun yang Bisa Bunda Berikan pada si Kecil

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More