Home Aneka Hobi Inilah Manfaat dari Membaca Buku untuk Anak-anak Usia Dini

Inilah Manfaat dari Membaca Buku untuk Anak-anak Usia Dini

by Beverley Kennedy
Inilah Manfaat dari Membaca Buku untuk Anak-anak Usia Dini

Ada pepatah bahwa buku adalah jendela dunia. Pepatah itu memang benar kebenarannya, dengan membaca buku, maka wawasan pun akan semakin luas dan pengetahuan pun juga akan semakin berkembang dan luas. Tidak Cuma untuk orang dewasa saja, namun kegiatan ini juga terbukti manfaatnya untuk anak-anak yang masih kecil atau yang masih berusia dini. Memang saat ini sudah ada internet yang dapat mengeluarkan berbagai macam informasi dan juga pengetahuan yang sangat kaya. Namun, buku ternyata lebih membantu mereka untuk berkembang. Untuk Anda, para orang tua, akan sangat baik jika memberikan mereka buku, bukan gadget. Berikut ini adalah beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa didapat jika memperkenalkan anak kepada buku:

 Inilah Manfaat dari Membaca Buku untuk Anak-anak Usia Dini

Merangsang untuk Berbicara

Kegiatan ini ternyata juga mampu untuk membantu memberikan rangsangan agar sang buah hati mulai berbicara. Hal ini dapat dilakukan dengan orang tua yang mencontohkannya terlebih dahulu, maka sang anak pun akan mengikutinya. Hal ini akan mempercepat mereka untuk bisa belajar berbicara. Sering-seringlah melakukan kegiatan ini dengan sang buah hati, maka mereka akan lebih cepat bisa berbicara dari pada anak yang jarang menerapkan hal ini.

 

Kaya akan Kata-Kata

Semakin Anda mengajarkan sang buah hati untuk membaca, maka semakin kaya juga perbendaharaan kata yang dimiliki oleh anak Anda. Daya rekam atau daya ingat pada anak dalam usia dini ini sangat baik dan mampu menampung banyak sekali memori pembelajaran. Untuk itu, akan sangat baik jika Anda memberikan buku dan mendampingi mereka serta mencontohkan agar mereka dapat belajar kata-kata dengan cepat dan membantu perkembangan otak mereka juga. Berbeda dengan menggunakan gadget, mungkin konsentrasi mereka akan memudar dan juga mata mereka akan cepat rusak karena memandangi layar tersebut.

 

Menumbuhkan imajinasi

Selain membuat mereka ingin belajar berbicara dan juga memperkaya perbendaharaan kata mereka, kegiatan ini juga mampu untuk membangun imajinasi mereka. Anak-anak biasanya lebih banyak disuguhkan buku cerita yang memiliki banyak gambar dan juga sedikit kata-kata. Dengan adanya gambar dan juga kalimat pada buku tersebut, maka hal ini bisa memicu mereka untuk memiliki imajinasi yang sesuai dengan apa yang mereka baca dan semakin banyak dilakukan, maka semakin luas juga imajinasi mereka. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menimbulkan rasa keingintahuan yang memang sudah alami terdapat oleh setiap orangnya.

 

READ  Koleksi Jam Tangan Keren Terbaru gaya Sporty untuk Pria

Mempererat Hubungan Orangtua-Anak

Selain memberikan efek dan manfaat yang baik untuk Anak, ternyata membaca juga berguna untuk membangun hubungan yang lebih erat antar orang tua dan juga sang anak. Dengan melakukan kegiatan ini, terciptalah interaksi-interaksi yang berbagai macam yang tentunya akan lebih mendekatkan Anda dengan sang buah hati. Dengan begini, keluarga pun akan semakin harmonis dan tentram juga bermanfaat untuk si kecil.

 

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More