Home Aneka Hobi Inilah Cara Tepat Memilih Boneka yang Sesuai dengan Usia Anak

Inilah Cara Tepat Memilih Boneka yang Sesuai dengan Usia Anak

by Beverley Kennedy

Boneka adalah sebuah mainan 3 dimensi yang banyak digunakan sebagai bahan permainan anak-anak dan memiliki bentuk yang beragam. Namun pada umumnya bentuk bonekanya lebih banyak kita temukan dalam bentuk tiruan manusia, hewan, karakter kartun dan buah-buahan. Mainan ini konon juga dikenal sebagai mainan tertua di dunia, karena telah banyak dimainkan sejak jaman Yunani maupun Romawi. Yang menjadikan mainan ini berbeda dari bentuk aslinya pada jaman dahulu kala adalah fungsi serta bahan pembuatannya. Jika dahulu tiruan sebuah karakter ini banyak dibuat dari bahan tanah liat dan sisa kayu, kini seiring dengan berjalannya waktu, mainan ini mulai mengalami perubahan baik dari segi bahan maupun dari segi harga yang ditawarkan.

Jika pada jaman peradaban kuno, mainan 3 dimensi dengan bentuk berbagai rupa ini, lebih dikenal sebagai benda pelengkap ritual, namun dengan seiring berjalannya waktu, kini stigma tersebut telah mengalami pergeseran hingga mainan ini hanya dikenal sebagai mainan anak-anak berwujud unik dan menarik. Tidak hanya dalam balutan unik dan menarik, bahkan beberapa model dari mainan 3 dimensi ini, juga telah dilengkapi dengan kecanggihan teknologi, dimana pada mainan tersebut dapat menyerupai bentuk aslinya dengan gerak dan suara yang juga dapat kita temukan didalamnya.

Untuk menjadikan mainan 3 dimensi ini menjadi layak serta aman untuk dijadikan sebagai media permainan pada anak-anak, sebaiknya sebagai orang tua, kita harus mempertimbangkan beberapa hal terkait dengan bentuk dan model mainan tersebut berdasarkan usia anak kita. Berikut ini beberapa pertimbangan terkait dengan pemilihan boneka berdasarkan usia anak, yang antara lain adalah:

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Banyak Orang Memilih Boneka untuk Hadiah

  • Usia 3 tahun, pada usia inilah anak mulai menyukai untuk mengkorek berbagai informasi terkait dengan benda yang mereka lihat. Oleh karenanya mainan 3 dimensi yang Anda pilih, sebaiknya dapat Anda sesuaikan dengan bentuk aslinya mulai dari bentuk dan karakteristik dari permainan tersebut. Bentuk manusia dan hewan lebih disarankan, agar anak dapat mengenal dengan tepat bagian-bagian dari manusia maupun hewan.
  • Usia 4 tahun, bentuk mainan 3 dimensi dengan model fashionable lebih disarankan untuk Anda berikan pada anak usia ini, dengan model fashionable ini, Anda secara tidak langsung dapat mengajarkan pada anak cara berpakaian yang baik dan sopan.

Selain dalam hal pertimbangan usia anak, dalam pemilihan boneka yang akan diberikan pada anak, sebaiknya Anda juga memperhatikan bahan pembuatannya. Pastikan bahwa semua bahan yang ada dalam mainan 3 dimensi tersebut aman baik untuk dipegang ataupun di dekap oleh anak. Dalam segi bentuk dan ukuran pun, Anda harus memilih mainan yang sesuai dengan tinggi badan anak. Pemilihan mainan dengan besar ukuran yang berlebih dapat memungkinkan anak untuk tertimpa benda tersebut, yang dapat mengakibatkan sesak nafas.

 

READ  Tips Ampuh Supaya Cepat Bisa Bermain Gitar Bass dengan Benar

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More