Home Tips Ini Dia Tips Pintar Memilih Peralatan Dapur Agar Tidak Salah Pilih

Ini Dia Tips Pintar Memilih Peralatan Dapur Agar Tidak Salah Pilih

by Beverley Kennedy

Memasak merupakan kegiatan yang pastinya terjadi di hampir semua rumah tangga di Indonesia. Memasak pun membutuhkan berbagai peralatan dan juga perlengkapan yang baik agar masakan yang dibuat pun hasilnya lebih maksimal dan Anda pun dapat merasa lebih puas dalam membuatnya. Jenis peralatan yang dijual pun sekarang ada begitu banyak, begitu pula dengan merk dan bahan pembuatnya juga sudah begitu banyak. Mungkin bagi Anda yang masih pemula atau awam dalam memilih peralatan dapur yang akan digunakan di rumah akan merasa bingung karena hampir semua produk menawarkan kenyamanan dan juga keamanan saat memasak. Namun jangan sampai Anda salah pilih, lebih baik untuk memilihnya secara lebih teliti dan jangan tergiur dengan berbagai promo yang sering diberikan oleh masing-masing produk atau merk. Berikut inilah beberapa tips memilih yang paling tepat:

Ini Dia Tips Pintar Memilih Peralatan Dapur Agar Tidak Salah Pilih  

  • Bahan

Hal yang paling penting yang harus Anda perhatikan saat akan membeli peralatan yang akan digunakan selama memasak di rumah adalah bahan pembuatnya. Anda bisa memilih:

  • Stainless steel, tahan panas dan tidak menimbulkan kotor atau pun kerak pada peralatan.
  • Kaca, bersifat solid dan minyak serta lemak tidak dapat masuk ke permukaannya. Bahan ini juga mudah dibersihkan.
  • Kayu, dapat menyerap panas dan tidak dapat menghantarkan panas.
  • Plastik, biasanya digunakan untuk cetakan, landasan pisau, tempat pudding, dan lain-lain.
  • Cara Merawat

Pilihlah peralatan dapur yang memiliki daya tahan yang jauh lebih lama serta yang mudah untuk dirawat. Selain itu, pilihlah juga peralatan yang sangat mudah untuk dibersihkan agar tidak merusak masakan. Pilih juga peralatan yang mudah untuk dibongkar dan dipasang kembali agar mudah untuk membersihkan serta menyimpannya. Jangan memilih alat yang memiliki warna terlalu mencolok karena warnanya bisa saja larut ke dalam makanan yang sedang dimasak. Bentuknya pun juga harus diperhatikan, jangan sampai memilih yang berbentuk siku-siku karena dapat membahayakan Anda.

  • Harga

Hampir semua peralatan yang memiliki kualitas terbaik memiliki harga yang cukup mahal sehingga tidak semua dapat membeli peralatan tersebut. Sebelum membelinya, pastikan untuk memilih produk dengan harga yang terjangkau, namun jangan melupakan berbagai hal. Seperti misalnya, merk pembuat, alat pendukung yang digunakan, dan lain sebagainya. Pastikan jika semua hal tersebut dapat dengan mudah Anda dapatkan serta pergunakan, jangan hanya melihat harganya saja.

  • Fungsi

Membeli peralatan dapur juga harus memperhatikan fungsinya, jangan karena bentuknya yang lucu atau karena harga yang murah Anda langsung membelinya. Pertimbangkan juga fungsinya, apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak. Gunakan alat yang hanya memiliki satu kegunaan saja, jangan yang multifungsi karena akan menimbulkan racun. Selain itu, jika memiliki fungsi tunggal, keawetannya pun akan lebih terjamin. Ketika disimpan, pastikan untuk menyusunnya sesuai dengan kegunaan alat tersebut.

READ  Mengenal Industri Kreatif

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More