Home Tips Ini Dia Tehnik dalam Permainan Voli Pantai yang Bisa Anda Lakukan Ketika Berlibur

Ini Dia Tehnik dalam Permainan Voli Pantai yang Bisa Anda Lakukan Ketika Berlibur

by Beverley Kennedy

liburan adalah salah satu waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua kalangan manusia. Baik dari kalangan orang bekerja, maupun anak-anak pelajar. Karena pada hari libur tersebut Anda memiliki waktu sepenuhnya untuk berkumpul bersama keluarga Anda. Liburan bisa dilakukan dimana saja. Misalkan berlibur ke pantai. Jangan hanya nikmati air lautnya saja. Tapi nikmati juga dengan bermain voli pantai

Setelah berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan ada yang sampai bertahun-tahun sibuk dengan kegiatan masing-masing. Hari libur menjadi moment yang sangat menguntungkan untuk merefresh kan pikiran sejenak. Siapa yang mau kalau selama hidupnya hanya digunakan untuk bekerja dan bekerja. Sekarang pantai menjadi favorit setiap keluarga untuk sekedar berlibur bersama. Karena suasana yang sangat sejuk, juga dapat menyehatkan fikiran.

Permainan ini hampir sama dengan permainan voli biasa. Hanya perbedaannya tempat pelaksanaannya. Antara lapangan voli dengan pantai. Dan yang membedakan adalah kalau dalam voli biasa ada bagian pergantian posisi pemain, sedangkan dalam permainan ini tidak ada pergantian posisi pemain. Jadi, terkesan lebih santai. Tekniknya pun sama.

Berikut tehnik permainan voli pantai:

  • Service

Adalah dilakukan pada saat memukul bola guna memulai permainan. Ada beberapa macam dalam saat melakukannya. Antara lain tangan diayunkan dari bawah keatas, tangan diayunkan dari arah samping, tangan diayunkan dari atas, dan terakhir jump smash. Ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan dalam melakukan smash, yaitu antara lain pandangan mata, timing atau waktu pada saat memukul bola yang akan di service.

  • Passing

Adalah dilakukan pada saat mengoper ke arah lawan. Guna menentukan ritme bola voli sehingga ketika Anda akan melakukan penyerangan sudah memiliki cara yaitu tumpuan bola voli yang lebih akurat. Adapun macam-macam passing dalam permainan ini hanya ada 2 yaitu passing atas dan passing bawah.

Baca Juga:Tips-tips Meningkatkan Kemampuan dalam Permainan Futsal

  • Smash

Adalah pada saat melakukan pukulan keras pada bola. Pukulan diarahkan pada area pertahanan sang lawan demi mendapatkan poin. Ada beberapa aspek dalam smash. Diantaranya adalah awalan, pukulan, tolakan, dan yang terakhir adalah posisi lawan serta pendaratan tubuh.

  • Blocking

Adalah tehnik yang berguna saat lawan sedang menyerang. Dengan cara laju putaran bola yang mendatangi area pertahanan Anda dihalangi. Dan dilakukan tepat pada depan jaring atau net

Dalam permainan ini juga memiliki beberapa aturan, diantaranya adalah kalau di permainan voli pantai tidak ada yang namanya time out, dan hanya ada dua pemain. Kemudian jika ada ketidak sengajaan menyeberang ke dalam area lawan tepatnya area pertahanan, maka pemain tidak dinyatakan melanggar apabila tindakan tersebut tidak menimbulkan masalah pada gerakan lawan. Dan masih banyak lagi aturan-aturan yang ada dalam permainan ini. Yang jelas ada sedikit perbedaan dengan permainan bola voli biasa.

 

READ  Kembangkan Hobi Bermain Basket dengan Menguasai Tehnik Dasarnya

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More