Home Aneka Hobi Ini Dia Manfaat yang Bisa Didapatkan dengan Anda Mempunyai Kebiasaan Membaca

Ini Dia Manfaat yang Bisa Didapatkan dengan Anda Mempunyai Kebiasaan Membaca

by Beverley Kennedy
Ini Dia Manfaat yang Bisa Didapatkan dengan Anda Mempunyai Kebiasaan Membaca

Sudahkah Anda membaca buku atau artikel hari ini? Atau Anda sudah tak tertarik membuka buku daripada membuka jejaring sosial maupun internet? Jika iya, maka mulailah untuk merubah kebiasaan buruk tersebut. Perkembangan teknologi secara perlahan mulai menggeser hobi baca buku pada beberapa kalangan masyarakat, terutama remaja. Kebiasaan menggenggam gadget dan beroleh informasi mudah lewat internet membuat orang malas membuka buku maupun artikel. Seringkali hal tersebut memicu beragam masalah, terutama efek kecanduan pada anak-anak dan remaja. Penyampaian informasi pun kian mudah dan membuat berita-berita palsu menyebar dengan mudahnya.

 Ini Dia Manfaat yang Bisa Didapatkan dengan Anda Mempunyai Kebiasaan Membaca

Anak-anak dan remaja tak lagi menjadikan buku sebagai media informasi terkini, tetapi internet. Mereka mulai malas baca buku ataupun artikel yang substansial, namun cenderung suka baca status media sosial. Padahal ada beberapa manfaat yang sudah mereka lewatkan dari kebiasaan buruk tersebut, seperti:

Baca Juga: Inilah Manfaat dari Membaca Buku untuk Anak-anak Usia Dini

  • Menambah pengetahuan

Buku merupakan jendela dunia. Pepatah ini sudah seringkali kita dengar dan baca di setiap sudut perpustakaan. Nyatanya buku memang adalah sebuah jendela untuk mengenal dunia lebih luas. Kaki kita mungkin belum mampu melangkah sejauh itu, namun pemikiran kita mampu melanglang buana. Informasi yang disajikan melalui buku membantu kita menjelajah setiap sudut dunia serta mencecap indahnya ilmu pengetahuan. Membuka wawasan dengan ilmu takkan membuat Anda rugi, malah sebaliknya. Anda akan siap menerima tantangan baru dalam kehidupan dan lebih cerdas menanggapi sebuah masalah. Ilmu tak seperti harta yang bisa hilang, tetapi melekat selamanya di dalam pemikiran.

  • Meningkatkan kemampuan otak

Dengan membaca, otak akan lebih terpacu untuk mudah berkonstrasi dan mengingat. Seseorang akan lebih mudah menyimpan dan menganalisa memori yang masuk ke dalam pemikiran mereka. Pembaca pun bisa menguji kekuatan memori mereka dengan mengingat kembali ide cerita dari buku yang dibaca. Hal tersebut memberi energi positif pada cara berpikir seseorang yang lebih kritis dan kreatif. Mereka akan lebih terbuka dalam menilai suatu masalah dan menganalisa setiap kejadian yang tengah dilewati.

  • Menghilangkan stres
See also  Manfaat Pijat Bayi

Penat dengan aktivitas sehari-hari dan masalah kehidupan tak ada habisnya? Ingin meninggalkan sejenak semua masalah tersebut? Cobalah baca buku untuk mengalihkan pikiran Anda dan menghilangkan tekanan akibat stres. Cerita dalam novel akan membawa imajinasi dan pikiran Anda mengelana ke dunia lain. Begitu pula dengan artikel yang bisa melatih kreativitas Anda lewat barisan kata yang dituliskan. Oleh karena itu, pilihlah novel dan artikel yang lebih inspiratif dan menyenangkan untuk mengisi waktu luang Anda.

  • Melatih kepenulisan

Seorang penulis dapat menginspirasi penulis lainnya. Layaknya musisi dan pelukis yang terinspirasi karya seorang maestro, penulis pun demikian. Gaya kepenulisan, pemilihan diksi serta alur yang disajikan seorang penulis dapat terinspirasi dari penulis yang dibacanya. Buku dan artikel yang menyajikan tulisan apik akan melahirkan ide baru bagi para pembaca yang hobi membaca.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More