Home Aneka Hobi Ini Dia Jenis-jenis Sepakan dalam Takraw yang Harus Anda Ketahui

Ini Dia Jenis-jenis Sepakan dalam Takraw yang Harus Anda Ketahui

by Beverley Kennedy

Takraw atau sepak bola kaki adalah jenis olahraga yang banyak menggunakan kaki dalam prakteknya. Dalam olahraga ini menggunakan net sebagai pembatas lapangan antar satu tim dengan tim yang lain. Olahraga ini mungkin akan terlihat unik dan berbeda, sebab kakia merupakan gabungan dari olahraga sepakbola dan voli. Bila voli menggunakan tangan dalam pengoperan bola, kaki sepenuhnya menggunakan kaki dan justru malah akan menimbulkan pelanggaran bila mengenai tangan. Perlu paham dan mampu menguasai tehnik dalam permainan yang satu ini, sebab bola terbuat dari rotan yang bobotnya sangat ringan, beda jauh dari bola voli atau bola sepak.

Dalam permainan kakia terdapat macam jenis sepakan. Namun penting adanya untuk menguasai beberapa tekhnik agar mampu menyepak bola dengan baik. Tehnik yang harus dikuasai diantaranya sepakan, mendada, membahu, heading dan menapak. Dalam permainan kaki, ada 5 jenis sepakan yang harus Anda tahu. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sepak sila

Kaki yang digunakan dalam sepakan ini adalah kaki bagian dalam. Jenis sepakan ini digunakan ketika sedang menimang bola atau menerima bola. Menguasai serta mengumpan antar juga memakai sepakan ini.

  • Sepak kuda

Sepakan ini menggunakan punggung kaki dalam prakteknya. Fungsinya adalah untuk menahan dan memantulkan bola kaki yang datangnya kencang namun rendah. Dalam penyelamatan bola, jenis sepak ini dilakukan.

  • Sepak cungkil

Seperti namanya, sepak cungkil merupakan jenis sepak yang menggunakan jari kaki dalam prakteknya. Bisa juga dengan menggunakan ujung kaki yang berguna untuk menyelamatkan dan mengambil bola yang jauh dari posisi berdiri.

  • Menapak

Sepakan ini menggunakan telapak kaki. Sepak menapak dilakukan untuk memberikan serangan pada lawan atau fungsi blocking lainnya.

  • Sepak simpuh

Kaki yang digunakan dalam sepak ini adalah kaki bagian samping atau bagian luar. Gerakan yang dilakukan dalam sepak ini mengesankan seseorang yang sedang bersimpuh. Fungsinya adalah untuk menyelamatkan bola yang melayang akibat smash lawan. Fungsi lain adalah untuk mengontrol dan menguasai bola.

Bola sepak takraw ini terbuat dari rotan yang diulir sehingga bentuknya menjadi bulat. Rotan yang digunakan merupakan rotan kering sempurna dan berkualitas bagus sehingga bebannya tidak terlalu berat dan tidak melukai kaki. Para pemain sepak kaki tidak memakai alas kaki apapun dalam lapangan, jadi untuk meminimalisir kaki yang cedera akibat bola salah satunya adalah dengan menggunakan bola yang ringan.

Sepak takraw adalah permainan yang merakyat. Dari kalangan bawah sampai kalangan atas banyak yang menggemari permainan ini. Tata caranya sangat sederhana dan tidak terlalu rumit. Anda tinggal mencari partner atau tim yang berjumlah pas untuk mengimbangi permainan. Itulah tadi sedikit informasi mengenai jenis-jenis sepakan dalam permainan kaki. Semoga dapat memperkaya pengetahuan Anda.

READ  Gasing Sebagai Permainan Tradisional yang Perlu Dilestarikan

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More