Home Tips Ini Dia Beberapa Makanan Rumahan dan Masakan Nusantara yang Bersejarah

Ini Dia Beberapa Makanan Rumahan dan Masakan Nusantara yang Bersejarah

by Beverley Kennedy
Ini Dia Beberapa Makanan Rumahan dan Masakan Nusantara yang Bersejarah

Indonesia tidak hanya kaya akan budaya tetapi juga kaya akan berbagai macam makanan khas. Salah satu masakan yang banyak disukai adalah makanan rumahan walaupun disajikan di rumah tetapi rasanya sangat tinggi. Bahkan beberapa masakan ini sudah dijajalkan kepada khalayak ramai. Biasanya masakan Ibu ini sangat dirindukan sehingga makanan ini tetap diminati dengan rasa dan kreatifitas penyajian yang berbeda-beda.

 Ini Dia Beberapa Makanan Rumahan dan Masakan Nusantara yang Bersejarah

Berikut adalah beberapa masakan yang biasa disajikan di rumah:

  • Nasi goreng, menjadi salah satu sarapan pagi yang dilengkapi dengan telur dadar atau mata sapi dengan citarasa masakan Ibu dan tidak membuat bosan. Beberapa penjual menjajakan nasi goreng dicampur pelengkap seperti ayam, ikan, sosis ataupun keju dan rasa nasi goreng Ibu tetap memiliki rasa terbaik.
  • Sup ayam, yang terdiri dari kol, wortel, kentang dan daun bawang ditambahkan dengan bakso atau sosis dan menjadi favorit. Disajikan dengan tambahan tempe dan tahu goreng atau ikan serta kerupuk untuk membuat sup lebih nikmat dan sering dikombinasikan dengan macaroni, jagung bahkan jamur.
  • Sayur asam, berasal dari tanah Sunda dan menjadi andalan para Ibu di seluruh Indonesia dengan tambahan ikan asin dan sambal, biasanya disajikan dengan nasi dan lauk daging sebagai pendampingnya.
  • Cap cay, diolah dari aneka sayuran seperti sawi, kembang kol, wortel dan pokcoy yang dapat dinikmati siang maupun malam.

Makanan rumahan lainnya adalah opor dengan rasa yang gurih dan asin disantap dengan lontong atau ketupat. Biasanya disajikan dengan pelengkap seperti kentang dan kerupuk. Rendang yang berasal dari Padang memiliki rasa yang gurih dan agak manis sangat cocok untuk nasi hangat. Makanan ini juga sudah mulai dijajakan secara umum hampir di seluruh Indonesia.

Berikut adalah masakan Indonesia yang bersejarah diantaranya:

  • Nasi kucing, terdapat di Solo dan Yogyakarta dengan nasi kepal dibungkus dengan daun pisang, diisi dengan lauk sambal bandeng atau oseng tempe. Porsinya cukup kecil dan dijual dalam gerobak yang mangkal dengan harga yang murah.
  • Kue dolar, khas Surabaya dengan bentuk yang bulat dan pipih dengan rasa yang gurih, renyah dengan taburan wijen, gurih keju dan beraroma jahe dan identik sebagai kue tempo dulu.
  • Roti ketawa, khas Sumatera Utara berbentuk bulat dan beberapa belahan yang mirip senyuman dan ditaburi wijen dan teksturnya keras.

Ada juga kue satu khas lebaran berwarna putih dan menjadi warisan Jawa Barat dengan bahan kacang hijau. Cara pembuatannya masih tradisional dengan menggunakan paparan sinar matahari untuk mengeringkan kue tersebut. kue kentutu merupakan khas Medan dibungkus dengan daun kentut dan tidak memiliki aroma khas. Ketika disantap memiliki nasi warna kehijauan dan rempah bercita rasa enak dan dapat dijadikan makanan rumahan.

READ  Sektor –sektor Industri Kreatif yang Ada di Indonesia

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More