Home Aneka Hobi Harga Skateboard dan Jenis Papan untuk Skateboarding

Harga Skateboard dan Jenis Papan untuk Skateboarding

by Beverley Kennedy

Beragam hobi banyak digeluti di jaman yang semakin modern ini dan salah satunya adalah skateboard. Hobi yang menggunakan papan seluncur atau skateboard ini bisa digunakan di jalan yang halus seperti di aspal atau di area yang khusus untuk bermain skateboard. Sebelum bermain skateboard, Anda harus memiliki papannya terlebih dahulu. Harga skateboard bervariasi, ada yang sekitar Rp 500 ribuan hingga 1 jutaan namun ada juga yang harganya lebih mahal atau yang lebih murah.

Saat memilih papan, sesuaikan dengan siapa yang akan menggunakannya. Micro bagus untuk anak dibawah 5 tahun, mini untuk anak usia 6-8 tahun, mini size untuk anak usia 9-12 tahun dan full size untuk orang dewasa. Pada umumnya, ada 3 jenis papan skateboard yang umumnya dipergunakan. Pertama adalah jenis papa popsicle. Jenis papan skate ini biasanya digunakan di kalangan atau street atau di skatepark. Papan skate ini memiliki ujung, nose dan tail, yang berbentuk bulat dan berukuran 7.5-8.5 inchi. Biasanya dipergunakan untuk melakukan trik meloncat atau ollie dan flip trick.

Kedua adalah jenis papan skat park atau bowl. Perlengkapan olahraga yang memiliki harga skateboard yang beragam yang bisa mencapai ratusan atau jutaan rupiah ini memiliki ukuran yang lebih besar yaitu antara 8,25-9”. Biasanya skateboard park/bowl ini digunakan untuk bermain di tempat tertentu atau di permukaan transisi yaitu di:

  • Bowl yang merupakan area untuk bermain skateboard yang berbentuk seperti mangkok.
  • Pool: Arena bermain untuk skateboarding yang memiliki bentuk seperti kolam renang.
  • Ramps: Arena bermain skateboarding yang berbentuk setengah pipa yang ukurannya besar.
  • Vert ramps: Arena skateboarding yang memiliki bentuk ½ pipa dengan bentuk bagian pinggir yang tinggi dan horizontal.

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Harga Skateboard

Papan skateboard jenis bowl tersebut butuh lebar papan yang ukurannya sama dengan telapak kaki atau bahkan lebih lebar dibandingkan telapak kaki. Hal tersebut disebabkan karena jenis papan skate ini dipergunakan untuk trik seperti flip trick. Sedangkan jenis yang ketiga yaitu longboard lebih dipergunakan di jalanan yang beraspal. Papan skate ini bisa digunakan untuk menyusuri jalan sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif transportasi yang fleksibel.

Untuk membuat papannya atau yang disebut dengan deck, umumnya menggunakan jenis bahan kayu namun saat ini sudah ada yang terbuat dari plastik. Harga skateboard yang terbuat dari plastik biasanya dibawah harga papan skate yang terbuat dari kayu. Beberapa lapis kayu di lem dan di press menjadi satu sehingga deck tersebut kuat menahan beban. Kayu terbaik yang digunakan untuk membuat deck adalah jenis kayu maple. Hal tersebut disebabkan karena kayu maple memiliki ketahanan yang baik yang bisa tahan 4 musim (panas, dingin, gugur, semi) dan bobotnya tidak terlalu berat. Demikian informasi jenis papan skate semoga bisa membantu Anda memilih skateboard yang tepat.

 

READ  Pilihan dalam Memilih Sepatu Roda untuk Anda

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More