Home Aneka Hobi Harga Gitar Elektrik Termahal di Dunia

Harga Gitar Elektrik Termahal di Dunia

by Beverley Kennedy

Gitar merupakan salah satu jenis alat musik yang paling banyak dikuasai oleh pecinta musik di dunia. Ada dua macam gitar, yaitu gitar akustik, dan gitar elektrik. Harga dari gitar akustik dan elektrik ini beragam, tergantung pada merk dan kualitasnya, juga sejarah penggunaan gitar tersebut. Dan Berikut ini adalah harga gitar elektrik termahal di dunia:

  • Fender Tsunami

Pada tahun 2004, terjadi sebuah bencana yang mencengangkan seluruh dunia, yaitu bencana Tsunami yang menghantam wilayah sepanjang Samudera Hindia. Beragam bantuan pun berdatangan, termasuk dari para musisi top dunia yang melakukan pengumpulan dana bantuan dengan cara melelang sebuah gitar Fender. Gitar ini sendiri tidak pernah digunakan oleh gitaris legendaris dunia, akan tetapi gitar ini memiliki tanda tangan dari banyak musisi legendaris dunia seperti Mick Jagger, Brian Mei, Jeff Back, Angus Young, Sting,Paul McCartney, Bryan Adams, Ray Davis, dan masih banyak lagi. Gitar ini berhasil dilelang senilai USD 2,7 juta.

  • Stratocaster 1968 – Jimi Hendrix

Salah satu gitar yang memiliki harga yang mahal adalah Stratocaster 1968 Milik Jimi Hendrix. Nama Jimi Hendrix sendiri tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pecinta musik dunia. Jimi Hendrix juga menjadi ikon penting salah satu festival Woodstock di tahun 1969. Ia meninggal tahun 1970 karena penyalahgunaan narkoba. Gitar Stratocaser kepunyaan Jimi Hendrix yang pernah digunakan pada festival Woodstock 69 akhirnya dijual seharga USD 2 juta dan dibeli oleh Paul Allen, petinggi Microsoft.

  • Wasburn – Bob Marley

Siapa yang tak kenal dengan Bob Marley? Penyanyi dan pencipta lagu-lagu reggae dari Jamaika ini memang bisa terbilang sebagai seorang yang legendaris di blantika musik dunia. Bob Marley pernah memberikan sebuah gitar Washburn kepada Gary Carlsen yang bekerja sebagai seorang teknisi. Gitar itu kini diperkirakan memiliki nilai sebesar USD 1,2 juta.

Baca Juga: Harga Gitar Elektrik Les Paul

  • Blackie Stratocaster – Eric Clapton
READ  Ini Dia Tips Bermain Sepak Bola Agar Cepat Menjadi Pemain Handal

Eric Clapton merupakan seorang musisi ternama yang berasal dari Inggris dan seorang gitaris yang paling berpengaruh di dunia. Bahkan, oleh majalah Rolling Stone, ia disebut menduduki peringkat teratas sebagai seorang gitaris terbaik kedua setelah Jimi Hendrix. Sejak tahun 1970 – 1985, Eric Clapton memakai gitar Blackie yang kini diperkirakan memiliki harga USD 959.000.

  • Gibson ES335 1964 – Eric Clapton

Gitar ini digunakan oleh Eric Clapton bersama band The Yardbirds, Blind Fate, John Mayall Bluesbreakers, dan Cream. Gitar ini berhasil dijual dalam sebuah lelang dengan harga gitar elektrik ini USD 847.500.

  • Gibson – George Harrison dan John Lennon

Gitar ini pernah dipakai oleh The Beatles pada tahun 1966 di album Revolver dan tahun 1968 di album White. Gitar ini dilelang di Balai Lelang Christie dengan harga USD 570.000.

Itulah daftar harga gitar elektrik paling mahal di dunia yang mana harganya menjadi melejit berkali lipat karena ada sejarang musisi legendaris yang pernah memainkannya.  

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More