Home Tips Harbolnas Tiba, Pastikan Dompet Anda Terisi Untuk Puaskan Hasrat Belanja

Harbolnas Tiba, Pastikan Dompet Anda Terisi Untuk Puaskan Hasrat Belanja

by Beverley Kennedy
Online Shop

Belanja online saat ini seolah sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Tak hanya masyarakat perkotaan saja, namun kini masyarakat secara keseluruhan juga sudah menjajal cara belanja online ini yang diklaim lebih mudah. Untuk bisa mengapresiasi akan kian maraknya perbelanjaan online ini, maka ada juga hari belanja spesial yang disebut dengan Harbolnas. Ya, Harbolnas 1212 (Hari Belanja Online Nasional) ini diadakan sekali dalam setahun pada bulan Desember setiap tanggal 12 dimana hari itu konsumen akan dimanjakan dengan banyaknya diskon dan juga promo menarik.

Di balik maraknya pembelanjaan online ini, ternyata banyak sekali fakta yang perlu Anda ketahui, seperti:

1. Rata-rata konsumen merogoh kocek 100 ribu per bulan demi belanja online

Hal ini bukan hanya bualan semata namun memang sudah dibuktikan dengan adanya survey. Survey ini dilakukan UC Web dimana sebanyak 76,4% dari hampir 3.000 pengguna internet menyempatkan belanja online dan jika diratakan maka akan keluar uang 100 ribu rupiah per bulannya. Ternyata dari survey ini pun terungkap jika 72,2% konsumen yang berbelanja online menghabiskan setidaknya 1 jam untuk belanja. Memang hal ini bisa dibilang wajar karena konsumen tentu butuh waktu untuk membandingkan hingga menelaah produk sebelum dibeli.

2. Mayoritas belanja lewat smartphone

Belanja online bisa dilakukan melalui komputer dan juga smartphone, namun berdasar survey kembali yang dilakukan Nielsen Global Survey di tahun 2014 lalu, sebanyak 87,4% konsumen lebih memilih membeli barang lewat smartphone. Hal ini memang sesuai dengan gaya hidup masyarakat sekarang yang tak dapat lepas dari smartphone. Terlebih kini banyak juga situs belanja online yang sudah menyediakan versi aplikasi sehingga pembelanjaan pun lebih mudah. Belum lagi dengan adanya Harbolnas, maka hari itu semua orang seolah tak bisa lepas dari ponselnya demi mencari diskon dan produk yang terbaik.

READ  Rekomendasi Sepeda Downhill Terbaik yang Bisa Anda Pilih

3. Banyak konsumen belanja online di jam kerja

Mungkin hal ini tidak mengherankan adanya dimana berdasar survey juga ditemukan sebesar 31,2% yang suka belanja online di waktu-waktu jam kerja misalnya jam 9 hingga 12 siang. Mungkin hal ini menandakan juga jika belanja juga bisa jadi momen refresh otak sejenak dari pekerjaan dengan melihat-lihat produk dan juga mencari promo yang sedang berlangsung. Meski begitu, pastikan untuk tetap produktif dalam bekerja.

4. Mayoritas pembelanja online lebih berhati-hati dalam hal kartu kredit

Ini juga menjadi bukti jika masyarakat sudah kian cerdas dalam bertransaksi online dimana kini sudah banyak pembelanja yang mulai berhati-hati dan lebih waspada akan pemberian informasi terkait kartu kreditnya. Sebelum belanja, umumnya para konsumen ini perhatikan dulu kredibilitas dari situs belanja online tersebut lalu berlanjut ke testimoni dan lainnya sebelum barang dibeli dan menyerahkan info terkait kartu kredit.

5. Fashion, gadget dan barang hobi koleksi adalah yang terlaris

Dibanding produk lainnya, produk fashion mulai dari baju, sepatu, tas hingga aksesoris lainnya menjadi produk yang paling laris di dunia maya. Jika fashion di ranking satu, ranking kedua didapat oleh kategori gadget. Sementara ditempat ketiga dari barang-barang yang berhubungan dengan hobi dan koleksi, misalnya koin langka, vape liquid, senjata zaman dahulu dan sebagainya.

Itulah beberapa fakta tentang belanja online yang ada di Indonesia. Kini pembelanjaan online kian menjadi pilihan masyarakat. Tak heran jika transaksi di dunia maya ini disebut-sebut sudah mencapai ratusan trilyun rupiah tiap tahunnya. Harbolnas pun jadi hari yang juga mencatatkan sejarah dengan transaksi terbesar.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More