Home Blogging 4 Hal yang Perlu Anda Cermati Sebelum Membeli Power Bank

4 Hal yang Perlu Anda Cermati Sebelum Membeli Power Bank

by Erin Nuzulia

Di era smartphone seperti saat ini, power bank merupakan alat yang perlu dibawa kemana pun Anda berpergian. Apalagi bagi Anda yang memiliki intensitas tinggi menggunakan smartphone saat beraktivitas di luar ruangan. Hal ini tentu saja menyulitkan Anda jika sewaktu-waktu daya baterai smartphone Anda habis namun Anda tidak dapat mengisinya. Oleh karena itu, power bank dapat menjadi solusi bagi Anda.

 

 

Kebutuhan yang tinggi akan power bank membuat banyak perusahaan menciptakannya dengan berbagai macam spesifikasi dan harga. Tentunya Anda perlu lebih cermat dan teliti sebelum membeli alat elektronik pelengkap aktivitas ini. Berikut beberapa hal yang kami ulas untuk dapat dijadikan pertimbangan bagi Anda sebelum membeli power bank.

 

  1. Daya Isi Baterai

Hal pertama yng perlu Anda cermati sebelum membeli power bank adalah daya isinya. Untuk dapat mengetahui daya isi power bank, Anda perlu mencermati tiga hal, antara lain power conversion rate, baterai ponsel, dan siklus pengisian daya.

Saat ini, rata-rata power bank memiliki power conversion rate antara 80-90%. Artinya, jika power bank yang Anda miliki berkapasitas penyimpanan 10.000 mAH dan power convertion rate sebesar 90%, itu berarti power bank dapat mengisi daya 9.000 mAh untuk smartphone Anda. Selain itu, kondisi baterai smartphone dan juga sel baterai power bank juga merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Semakin baik kondisi baterai, maka pengisian daya oleh power bank akan jauh lebih efektif.

 

  1. Kapabilitas Pengisian Daya USB

Sebagian besar power bank saat ini telah dijual sepaket dengan kabelnya. Kelebihan ini merupakan hal yang penting bagi Anda yang suka beraktivitas di luar ruangan. Dengan memiliki kabel yang telah menyatu pada power bank, Anda tidak perlu lagi membawa kabel tambahan.

READ  7 Ide Kreasi Hiasan Dinding yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

 

  1. Harga

Salah satu faktor yang juga turut menjadi pertimbangan adalah harga. Harga power bank biasanya ditentukan dari kapasitas, durabilitas, dan portabilitasnya. Semakin baik kapasitas, durabilitas, dan portabilitasnya, maka akan semakin tinggi juga harganya. Harga power bank yang beredar di pasaran pun beragam. Berikut beberapa contoh power bank dan harga yang ditawarkan:

 

Nama Produk

Harga

Xiaomi Power Bank 5.200 mAh

Rp 198.000,00

Xiaomi Power Bank 10.000 mAh Original

Rp 210.000,00

Yoobao Master Power Bank 6.000 mAh

Rp 135.000,00

Hippo Viure Power Bank 20.000 mAh

Rp 290.000,00

 

  1. Portabilitas

Keunggulan yang menjadi nilai jual power bank adalah portabilitas atau kepraktisan yang dimilikinya. Artinya, Anda dapat tetap memegang smartphone Anda sambil mengisi daya baterai sambil berjalan ataupun melakukan kegiatan lainnya tanpa harus dicolokkan ke dinding. Saat ini, banyak juga power bank yang memiliki bentuk yang tipis sehingga membuatnya semakin praktis. Bahkan, tak jarang powerbank tersebut dapat masuk ke dalam saku di baju Anda. Praktis, bukan? Salah satu power bank yang memiliki nilai portabilitas tinggi adalah LinearFlux Lithium Card Pro, Emtec Power Pouch, dan Mophie Powerstation Plus.

 

Itu tadi adalah ulasan yang dapat kami sampaikan untuk dapat membantu Anda dalam memilih power bank. Jangan mudah tertipu dengan banyaknya tipe power bank yang ada di pasaran dan pastikan daya isi baterai, kapabilitas pengisian daya USB, harga, dan portabilitas sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Terakhir, pastikan bahwa power bank yang akan Anda miliki merupakan barang yang berkualitas.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More