Home Tips Fakta Unik Burung Jalak yang Harus Diketahui

Fakta Unik Burung Jalak yang Harus Diketahui

by Beverley Kennedy
Fakta Unik Burung Jalak yang Harus Diketahui

Ada beragam jenis hewan peliharaan yang dipelihara dan salah satunya adalah burung jalakBurung ini sebenarnya adalah burung liar dan ada beragam jenisnya seperti jalak bali, jalak kebo, jalak putih dan jalak suren. Jenis burung yang banyak dipelihara karena memiliki bulu yang menarik dan cerah ini juga memiliki suara yang bagus sehingga sering diperlombakan untuk mengikuti lomba kicau burung.

Fakta Unik Burung Jalak yang Harus Diketahui   

Ada beberapa fakta unik seputar jalak. Pertama adalah mudah dijinakkan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, burung ini awalnya merupakan burung liar namun jika dibandingkan dengan jenis burung yang lain, jalak lebih mudah dijinakkan sehingga lebih sering dijadikan sebagai burung hias dan peliharaan. Kedua adalah pelatih burung. Maksudnya adalah jalak kerap dijadikan pemicu agar burung yang lain bisa berkicau dengan merdu. Hal ini disebabkan karena jalak lebih aktif bergerak dan berkicau sehingga kicauan jalak bisa memicu burung yang lain untuk ikut berkicau.

Ketiga adalah susah membedakan yang jantan dan betina. Jika jenis burung yang lain lebih mudah membedakan yang jantan dan betina namun hal tersebut tidak berlaku untuk burung jalak. Butuh ketelitian yang tinggi untuk dapat tahu yang mana yang jantan dan mana yang betina. Perbedaannya ada di bagian kloaka. Jika jalak jantan bagian kloakanya akan lebih menonjol dibandingkan dengan kloaka yang ada pada burung betina.

Keempat adalah herbivora. Jenis burung ini merupakan hewan yang mengkonsumsi buah dan biji-bijian seperti pisang, voer dan kroto. Namun jalak juga bisa mengkonsumsi serangga kecil sebagai makanannya. Kelima adalah hewan dilindungi. Walaupun jalak termasuk sebagai salah satu hewan peliharaan dan memiliki suara yang bagus, namun, jalak bali merupakan hewan yang hampir punah sehingga termasuk sebagai hewan yang dilindungi. Selain itu, jalak bali yang merupakan endemi di Bali bagian barat menjadikan hewan tersebut sebagai lambang fauna. 

Beberapa fakta unik seputar burung jalak, adalah: 

  • Reinkarnasi dalam kebudayaan. Bagi masyarakat Sema Naga yang merupakan suku Naga Besar di India, menganggap jika jalak suren adalah lambang reinkarnasi manusia sehingga suku yang ada di India tersebut tidak akan menyakiti bahkan mengkonsumsi jenis burung tersebut.
  • Suara manusia. Jalak terkenal memiliki suara yang bagus dan burung ini memiliki kemampuan yang bisa menirukan suara manusia sehingga jika ada tamu yang datang, burung ini akan berkicau dengan nada atau suara yang berbeda.
  • Penurut. Hewan ini termasuk sebagai salah satu hewan yang penurut sehingga banyak yang memilihnya sebagai hewan peliharaan.
  • Sahabat petani karena membantu memangsa serangga yang bisa merusak panen seperti belalang.
  • Jalak bali berkembang biak di musim penghujan yaitu natara November hingga Mei.
  • Jalak suren terbiasa hidup berpasangan dan di kelompok kecil.

 

See also  Mengetahui Tipe Hot Wheels Treasure Hunt Dari Masa Kemasa

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More