Home Aneka Hobi Fakta Menakjubkan Seputar Dunia Bayi

Fakta Menakjubkan Seputar Dunia Bayi

by Beverley Kennedy

Kehadiran seorang bayi ke dunia tentunya menjadi hal yang membahagiakan, tak hanya bagi kedua orangtua, namun juga bagi keluarga besar, baik itu kakek-nenek, paman, bibi, om tante, dan para sepupu. Ternyata dunia bayi memiliki beragam fakta yang menakjubkan, dan berkut ini adalah beberapa diantaranya:

Memiliki Tanda Lahir

Bayi yang baru lahir biasanya memiliki minimal satu tanda lahir pada bagian tubuhnya, tanda lahir ini akan menghilang dengan sendirinya saat bayi berusia 3 tahun. Akan tetapi ada juga tanda lahir yang tetap ada dan tidak menghilang dari tubuh.

Menangis Tanpa Mengeluarkan Air Mata

Tidak seperti orang dewasa, bayi yang baru lahir belum meproduks air mata hingga berusi beberapa minggu, hal ini karena kelenjar air mata bayi yang baru lahir belum berkembang secara sempurna. Akan tetapi pada umumnya, bayi baru bisa menangis dengan mengeluarkan air mata jika sudah berusia 2-3 bulan.

Bayi Berhenti Bernapas Beberapa Detik

Bayi yang baru lahir biasanya mengalami napas periodik, dimana napas bayi akan berhenti selama beberapa detik. Hal ini normal dan tidak pelru dikhawatirkan, kondisi ini biasanya akan menghilang secara perlahan jika bayi telah menginjak usia 2 bulan.

Tulang Bayi Lebih Banyak Dibanding Tulang Dewasa

Jumlah tulang yang ada pada bayi lebih banyak dibandingkan jumlah tulang orang dewasa. Bayi memiliki jumlah tulang sebanyak 350 buah, namun seiring pertumbuhan, banyak tulang yang kemudian bersau sehingga jumlah tulang nantinya akan menyusut menjadi 206 tulang.

Bayi Bisa Menelan dan Bernafas dalam Waktu Bersamaan

Orang dewasa tak bisa menelan sesuatu saat bernafas, karena hal ini bisa bayi menyebabkan tersedak.  

Bayi Banyak Tidur

Bayi memiliki waktu untuk tidur selama 18 jam hingga bu nyai 22 januari.

Bayi Tersenyum saat Tidur

READ  Ini Dia Cara Merawat Kucing Persia

Fakta menakjubkan selanjutnya seputar dunia bayi adalah pada saat tidur, bayi biasanya akan reflek tersenyum. Seorang psikolog klinin dari Amerika Serikat Pamea Garcy, PhD. mengungkapkan jika senyum bayi ketika tidur merupakan sebuah reaksi fisik bukan tanda emosional sehingga bisa muncul ketika bayi sedang tertidur.

Bayi Baru Lahir Tidak Memiliki Tempurung Lutut

Bayi yang baru lahir tidak memiliki tempurung lutut, bayi hanya mempunyai kartilago tulang. Lutut bayi baru mulai akan terbentuk setelah berusia 6 bulan.

Feses Bayi Baru Lahir Berwarna Hitam

Pada bayi yang baru lahir, feses pertamanya biasanya berwarna kehitaman, hal ini merupakan suatu yang normal. Pada saat di dalam kandungan, bayi tentunya mengonsumsi air ketuban, hal inilah yang dikeluarkan bayi ketika lahir, yaitu kondisi dimana bayi membersihkan usus dari beragam zat yang tidak jelas.
Warna dalam Penglihatan Bayi

Saat baru lahir, bayi hanya bisa mengenali warna hitam serta putih, namun ketika usia mencapai 4 bulan, barulah bayi bisa mampu mengenali beragam warna cerah.

Itulah beberapa fakta menakjubkan seputar dunia bayi. Bayi memang makhluk yang menyenangkan dan menggemaskan, dan ternyata memiliki banyak fakta menakjubkan yang tak banya diketahui oleh orang lain.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More