Home Aneka Hobi Dunia Bayi dan Anak: Trik Agar Sikat Gigi Jadi Menyenangkan Untuk Si Kecil

Dunia Bayi dan Anak: Trik Agar Sikat Gigi Jadi Menyenangkan Untuk Si Kecil

by Beverley Kennedy

Baik di dunia bayi maupun anak, mengajak anak untuk menyikat gigi itu sama sulitnya seperti mengajak mereka untuk makan sayur atau tidur siang. Padahal sikat gigi wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan giginya. Lalu bagaimana agar anak Anda mudah menyikat gigi? Kuncinya adalah dengan membuat kegiatan menyikat gigi jadi menyenangkan. Beberapa trik ini ini bisa Anda coba di rumah.

Ceritakan kisah yang menarik

Agar anak Anda termotivasi untuk menyikat gigi, Anda bisa menceritakan sebuah kisah yang menarik bagi dunia bayi dan anak tentang gigi dan sikat gigi. Sebagai contoh, Anda bisa bilang padanya ketika menyantap makanan, terutama yang mengandung gula seperti permen, sisa-sisa makanan itu akan menempel di gigi. Jika tidak dibersihkan, sisa-sisa makanan yang menempel itu akan berubah jadi monster-monster jahat yang akan merusak giginya sehingga jadi berlubang. Untuk itu, Si Kecil harus menyikat giginya agar monster-monster itu hilang dari giginya. Usahakan anak Anda tertarik dengan kisah yang Anda sampaikan sehingga dia selalu ingin membersihkan giginya.

Jadilah teladan dan lakukan bersama

Setelah bercerita, sekarang Anda harus menjadi teladan baginya. Ajak anak Anda untuk menyikat gigi bersama Anda, untuk membasmi ‘monster-monster’ gigi. Anda harus berusaha agar terlihat bahagia saat menyikat gigi agar mereka senang meneladani Anda. Agar lebih menyenangkan, Anda bisa membeli sikat gigi yang berbentuk sama. Anda juga bisa memintanya untuk menyikat gigi Anda dan Anda menyikat giginya. Yang terpenting, jadikan kegiatan ini seseru mungkin!

Menyikat gigi di depan cermin

Menyikat gigi di depan cermin bisa menjadi kegiatan yang seru bagi Si Kecil di dunia bayi dan anak. Dengan cara ini Si Kecil bisa melihat dirinya di cermin sehingga jadi lebih bersemangat. Setelah itu, Anda bisa memintanya untuk memperlihatkan giginya yang bersih di depan cermin.

Biarkan Si Kecil memilih

READ  Tanaman Bonsai Adalah Hobi Yang Menyenangkan

Ketika berbelanja kebutuhan sehari-hari, Anda bisa membiarkan Si Kecil memilih sendiri sikat gigi dan pasta gigi yang diinginkannya agar kegiatan sikat giginya lebih menyenangkan. Jika dia memilih sikat dan pasta untuk orang dewasa, jelaskan padanya bahwa dia belum bisa menggunakan itu karena ada perbedaan fungsi dan manfaat antara sikat dan pasta khusus anak dan orang dewasa.

Menyikat gigi sambil berimajinasi

Anda bisa mengajak Si Kecil menyikat gigi sambil membayangkan sikat giginya berubah menjadi sesuatu, misalnya kereta api atau mobil. Mereka bisa melakukan gerakan maju mundur, naik turun, dan bahkan menirukan suaranya agar dia lebih bersemangat. Namun, karena waktu yang ideal untuk menyikat gigi adalah 2 menit, jangan biarkan anak Anda terlalu bersemangat sehingga tidak mau menyelesaikan sikat giginya!

Membuat busa

Selain berimajinasi, Anda juga bisa mengajaknya membuat busa yang berasal dari pasta gigi. Jika Si Kecil menyikat giginya dengan benar, pasti akan timbul banyak busa. Anda bisa berlomba dengannya dan beradu siapa yang paling banyak membuat busa.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More